KEEFEKTIFAN MODEL PENDEKATAN KONSTEKTUAL BERBASIS ALAM DALAM PEMBELAJARAN IPS UNTUK SISWA TUNAGRAHITA RINGAN KELAS 2 DI SLB MUHAMMADIYAH GAMPING

Rahmad, Hidayat (2014) KEEFEKTIFAN MODEL PENDEKATAN KONSTEKTUAL BERBASIS ALAM DALAM PEMBELAJARAN IPS UNTUK SISWA TUNAGRAHITA RINGAN KELAS 2 DI SLB MUHAMMADIYAH GAMPING. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
10103244034_RAHMAT HIDAYAT.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah model pendekatan konstektual berbasis alam efektif digunakan untuk meningkatkan prestasi belajar IPS “Pengenalan Alat Transportasi” pada anak tunagrahita ringan di SLB Muhammadiyah Gamping. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian quasy experiment dengan desain one group pre-test and post-test design. Subjek dalam penelitian ini adalah anak tunagrahita tipe ringan kelas II SDLB berjumlah 2 orang. Pengumpulan data menggunakan tes tertulis dan observasi perilaku pada saat perlakuan berlangsung. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan desriptif kuantitatif dengan uji hipotesis menggunakan tes tanda atau sign test. Hasil uji hipotesis dengan menggunakan tes tanda diperoleh N = 2 dan X = 0, dengan melihat tabel D maka diperoleh p > 0,031 harga tersebut berada di daerah penolakan. Hasil tersebut menunjukkan bahwa model pembelajaran dengan pendekatan kontekstual berbasis alam efektif dan dapat meningkatkan prestasi belajar untuk pelajaran IPS “Pengenalan Alat Transportasi” pada siswa tunagrahita tipe ringan kelas II di SLB Muhammadiyah Gamping. Peningkatan tersebut ditunjukkan dengan tercapainya KKM yang telah ditentukan sekolah, yakni 65%. Skor pada masing-masing subjek meningkat sebesar 28% untuk BI dan 33% untuk subjek IK setelah diberikan post-test. Pada saat pemberian pre-test dan belum diberikan perlakuan dengan model pembelajaran dengan pendekatan kontekstual berbasis alam, subjek BI mendapat skor 61 dan IK mendapat skor 56, namun ketika diberikan posttest subjek BI dan IK mendapatkan skor 89.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Biasa FIP
Date Deposited: 22 Oct 2016 08:07
Last Modified: 30 Jan 2019 11:26
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/42642

Actions (login required)

View Item View Item