PENINGKATAN HASIL PEMBELAJARAN SENAM LANTAI GULING DEPAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN PAKEM DI KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI MALANGAN MOYUDAN SLEMAN YOGYAKARTA

Suhardi (2012) PENINGKATAN HASIL PEMBELAJARAN SENAM LANTAI GULING DEPAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN PAKEM DI KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI MALANGAN MOYUDAN SLEMAN YOGYAKARTA. S1 thesis, FIK.

[img] Text
Abstrak 131.doc

Download (44kB)
Official URL: http://www.pjkr_uny.com

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah metode dengan pendekatan PAKEM dapat meningkatkan pembelajaran senam lantai guling depan siswa kelas IV SD Negeri Malangan Moyudan Sleman Subjek penelitian tindakan kelas ini adalah siswa kelas IV sejumlah 35 siswa putra 19 putri 16 Tahun ajaran 2011/ 2012, yang dilaksanakan dalam 2 (dua) siklus. Setiap siklus 2 (dua) tatap muka dengan alokasi waktu 105 menit. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan catatan di lapangan tentang proses pembelajaran guling depan, oleh pengamat. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Kriteria ketuntasan minimal guling depan pada posttest menunjukkan bahwa 7 siswa mempunyai nilai < 74, artinya yang belum mencapai KKM sebesar 20%. Sedangkan 28 siswa mempunyai nilai 75 – 100, artinya yang sudah mencapai KKM sebesar 80%. Dengan demikian peningkatan hasil pembelajaran senam lantai guling depan dengan pendekatan PAKEM yang diberikan pada siswa SD Negeri Malangan, harus dapat dilaksanakan, karena hasil tindakan telah mencapai nilai KKM (75) dan ketuntasan klasikal sebesar (80%) dari total siswa dalam kelas di SD Negeri Malangan. Kata Kunci : Peningkatan Hasil Pembelajaran, Senam Guling Depan, siswa SD Kelas IV

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Olahraga
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Admin PKR FIK
Date Deposited: 20 Mar 2015 03:30
Last Modified: 29 Jan 2019 15:53
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/4264

Actions (login required)

View Item View Item