PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL BILANGAN 1-20 MENGGUNAKAN METODE PROJECT BASED LEARNING PADA SISWA TUNARUNGU KELAS I DASAR SLB NEGERI 2 BANTUL

Sri, Rejeki (2016) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL BILANGAN 1-20 MENGGUNAKAN METODE PROJECT BASED LEARNING PADA SISWA TUNARUNGU KELAS I DASAR SLB NEGERI 2 BANTUL. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
SRI REJEKI_12103241026.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berdasarkan kesulitan siswa tunarungu kelas satu dasar SLB Negeri 2 Bantul dalam mengenal bilangan 1-20. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk meningkatkan kemampuan mengenal bilangan 1-20 menggunakan metode project based learning pada siswa tunarungu kelas satu dasar di SLB Negeri 2 Bantul. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan desain penelitian berupa perencanaan, tindakan dan pengamatan, serta refleksi. Penelitian ini terdiri dari dua siklus. Subjek penelitian yaitu dua siswa tunarungu kelas satu dasar SLB Negeri 2 Bantul. Pengumpulan data dilakukan menggunakan tes dan observasi. Metode analisis yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Dari hasil penelitian terjadi peningkatan kemampuan mengenal bilangan 1- 20 pada siswa tunarungu kelas satu dasar. Pada hasil pre-test presentase rata-rata kelas sebesar 55% dengan kriteria kurang, kemudian meningkat pada siklus I menjadi 72,5% dengan kriteria cukup. Pada siklus II rata-rata kelas meningkat menjadi 87,5% dan berada pada kriteria sangat baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kemampuan mengenal bilangan 1-20 siswa tunarungu kelas satu dasar dapat ditingkatkan menggunakan metode project based learning.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Biasa FIP
Date Deposited: 22 Oct 2016 07:56
Last Modified: 30 Jan 2019 11:26
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/42639

Actions (login required)

View Item View Item