KEEFEKTIFAN METODE LINGUISTIK PADA PEMBELAJARAN MEMBACA PERMULAAN ANAK BERKESULITAN BELAJAR MEMBACA KELAS II DI SD NEGERI MUSTOKOREJO

Suhesti, Retno Palupi (2016) KEEFEKTIFAN METODE LINGUISTIK PADA PEMBELAJARAN MEMBACA PERMULAAN ANAK BERKESULITAN BELAJAR MEMBACA KELAS II DI SD NEGERI MUSTOKOREJO. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
SUHESTI RETNO PALUPI_12103241041.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu menguji keefektifan metode linguistik pada pembelajaran membaca permulaan anak berkesulitan belajar membaca kelas II di SDN Mustokorejo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi eksperimen. Eksperimen yang digunakan yaitu Single Subject Research (SSR) dan desain SSR yang digunakan adalah A-B-A. Fase baseline-1 dilaksanakan sebanyak tiga kali pertemuan, fase intervensi sebanyak enam kali pertemuan dan fase baseline- 2 sebanyak tiga kali pertemuan. Subjek dalam penelitian ini yaitu satu anak berkesulitan belajar membaca kelas II SD Negeri Mustokorejo. Pengumpulan data dilakukan dengan tes membaca permulaan, observasi, dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan statistik diskripstif dengan teknik analisis visual dalam kondisi dan antar kondisi. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa metode linguistik efektif digunakan pada pembelajaran membaca permulaan anak berkesulitan belajar membaca kelas II di SD Negeri Mustokorejo. Hal ini terbukti dari perolehan mean level pada fase baseline-1, intervensi dan baseline-2 berturut-turut 49%, 73%, dan 88%. Dengan demikian terjadi peningkatan +39% pada kemampuan membaca permulaan antara sebelum dan sesudah diberikan intervensi menggunakan metode linguistik. Persentase data tumpang tindih (overlap) antar kondisi adalah 0% yang berarti metode linguistik berpengaruh terhadap kemampuan membaca permulaan anak berkesulitan belajar membaca.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Biasa FIP
Date Deposited: 22 Oct 2016 07:52
Last Modified: 30 Jan 2019 11:25
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/42637

Actions (login required)

View Item View Item