PERBEDAAN KARAKTER SAMPEL HASIL PREPARASI DAN SINTESIS NANOMATERIAL KARBON BERBAHAN DASAR TRI GRAPHITE PENSIL 2B FABER CASTELL MENGGUNAKAN METODE LIQUID MECHANICAL EXFOLIATION DIBANTU OLEH LINEAR ALKYLBENZENE SULFONATE DENGAN VARIASI FREKUENSI PUTARAN PENCAMPURAN BAHAN MENGGUNAKAN BLENDER

Nur Hanif, Laila (2016) PERBEDAAN KARAKTER SAMPEL HASIL PREPARASI DAN SINTESIS NANOMATERIAL KARBON BERBAHAN DASAR TRI GRAPHITE PENSIL 2B FABER CASTELL MENGGUNAKAN METODE LIQUID MECHANICAL EXFOLIATION DIBANTU OLEH LINEAR ALKYLBENZENE SULFONATE DENGAN VARIASI FREKUENSI PUTARAN PENCAMPURAN BAHAN MENGGUNAKAN BLENDER. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Skripsi Full.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variasi frekuensi putaran blender dan pengaruh surfaktan jenis LAS pada sampel nanomaterial dengan bahan dasar karbon tri graphite pensil 2B Faber Castell menggunakan metode liquid mechanical exfoliation terhadap hasil karakterisasi spektrofotometer UV-Vis, XRD, dan mengetahui bentuk permukaan sampel dengan karakterisasi SEM. Penelitian dimulai dengan membuat sampel nanomaterial berbahan dasar tri graphite pensil 2B Faber Castell yang telah dihaluskan, air, dan surfaktan ke dalam blender. Sampel kemudian dicampur dengan memvariasikan frekuensi putaran pada blender. Sampel lain yang dibuat adalah sampel tanpa surfaktan dengan perlakuan sama. Sampel kemudian disentrifus dan dikarakterisasi dengan spektrofotometer UV-Vis sedangkan sampel yang dikarakterisasi XRD dan SEM tidak perlu disentrifus. Hasil penelitian menunjukkan semakin besar frekuensi putaran blender maka nilai absorbansi pada karakterisasi spektrofotometer UV-Vis semakin menurun dan nilai d-spacing pada karakterisasi XRD semakin membesar. Hasil karakterisasi spektrofotometer UV-Vis pada sampel tanpa surfaktan semakin menurun dengan nilai absorbansi lebih besar daripada sampel dengan surfaktan dan beberapa sampel tidak terjadi absorbansi. Hasil karakterisasi XRD pada sampel tanpa surfaktan memiliki nilai d-spacing yang semakin membesar tetapi tidak lebih besar dari nilai d-spacing sampel yang menggunakan surfaktan. Hasil karakterisasi SEM menunjukkan sampel memiliki bentuk flakes atau kepingan-kepingan tipis dengan permukaan yang tampak terkelupas. Kata Kunci: nanomaterial, karbon, graphene, liquid mechanical exfoliation, surfaktan.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Fisika > Fisika
Depositing User: Admin Fisika FMIPA
Date Deposited: 25 Oct 2016 01:39
Last Modified: 30 Jan 2019 11:25
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/42627

Actions (login required)

View Item View Item