PELATIHAN PEMBUATAN “SITUS PEMBELAJARAN DWI BAHASA” SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KAPASITAS GURU SEKOLAH BERTARAF INTERNASIONAL DALAM MENGEMBANGKAN MEDIA PEMBELAJARAN DWI BAHASA BERBASIS ICT

Suyoso, Suyoso and Sabar, Nurohman and Pujianto, - and Vinta Angela T, M.Ed (2011) PELATIHAN PEMBUATAN “SITUS PEMBELAJARAN DWI BAHASA” SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KAPASITAS GURU SEKOLAH BERTARAF INTERNASIONAL DALAM MENGEMBANGKAN MEDIA PEMBELAJARAN DWI BAHASA BERBASIS ICT. Artikel PPM Unggulan.

[img] Text
Suyoso.docx

Download (16kB)

Abstract

Keberadaan Sekolah Bertaraf Internasional (SBI/RSBI), sebagaimana yang diamanahkan oleh UU Sisdiknas tahun 2003, menuntut praktisi dunia pendidikan untuk melakukan berbagai pembenahan terutama dalam standar proses pembelajarannya. Berdasarkan Permendiknas No 78 Tahun 2009 Pasal 5 ayat 2 dan 3 paling tidak terdapat tiga keunggulan yang harus dimiliki oleh SBI dalam hal proses pembelajaran, yaitu: 1) Memanfaatkan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), 2) Mengembangkan proses pembelajaran yang berbasis pada Student-Centered Learning, dan 3) Menggunakan dwi bahasa, yaitu bahasa Indonesia dan Bahasa Internasional (salah satunya bahasa Inggris) dalam proses pembelajarannya. Oleh karena itu, para guru SBI/RSBI perlu dibekali keterampilan pengembangan media pembelajaran dalam dua bahasa (dwi bahasa/bilingual) dan berbasis pada TIK. Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat ini diselenggarakan dengan tujuan untuk: 1) meningkatkan keterampilan guru pada Sekolah SBI/RSBI di DIY dalam mengembangkan ”Situs Pembelajaran Dwi Bahasa”, dan 2) meningkatkan ketersediaan sumber belajar dwi bahasa (bilingual) yang bersifat online bagi para siswa program SBI/RSBI. Kegiatan Pengabdian ini dilaksanakan dengan metode pelatihan dan pendampingan. Pelatihan dilaksanakan hingga tiga hari, berisi materi di seputar : 1) Teknik Pengembangan Bahan Ajar, 2) Teknik Pengembangan Bahan Ajar Dwi Bahasa, dan 3) Teknik Pengelolaan Weblog menggunakan wordpress sebagai Situs Pembelajaran Dwi Bahasa. Pendampingan dilakukan paska pelatihan untuk memberikan solusi kepada para peserta jika menghadapi masalah baru di lapangan yang belum dibicarakan pada saat pelatihan. Pendampingan dilakukan secara online, bisa melalui email maupun melalui fasilitas ”Comment” pada weblog. Melalui kegiatan Pengabdian ini diperoleh hasil bahwa: 1) Peserta pelatihan secara umum telah memiliki kemampuan yang cukup memadai dalam hal menyusun Situs Pembelajaran Dwi Bahasa menggunakan blogware wordpress, 2) Ketersediaan sumber belajar berbasis TIK dalam dua bahasa semakin bertambah dan dapat dimanfaatkan oleh seluruh siswa SBI/RSBI di DIY bahkan di seluruh Indonesia.

Item Type: Article
Additional Information: Laporan Akhir PPM Unggulan 2011
Uncontrolled Keywords: Pelatihan, Situs Pembelajaran Dwi Bahasa
Subjects: LPPM
Divisions: LPPM - Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Depositing User: LPPM UNY
Date Deposited: 21 Oct 2016 04:24
Last Modified: 21 Oct 2016 04:24
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/42605

Actions (login required)

View Item View Item