Pelatihan Pembelajaran Jasmani Adaptif Untuk Optimalisasi Otak Anak Tunagrahita Bagi Guru Pendidikan Jassmani Adaptif

Sumaryanti, M.S. (2011) Pelatihan Pembelajaran Jasmani Adaptif Untuk Optimalisasi Otak Anak Tunagrahita Bagi Guru Pendidikan Jassmani Adaptif. Artikel PPM Unggulan.

[img] Text
Sumaryanti.docx

Download (13kB)

Abstract

Fakta di lapangan menunjukkan bahwa tenaga pengajar Jasmani Adaptif di Yogyakarta 94% berlatar belakang bukan dari Pendidikan Jasmani, sehingga mengalami banyak kendala sewaktu melaksanakan pembelajaran. Di sisi lain telah disusun model pembelajaran jasmani adaptif untuk stimulasi otak anak tunagrahita melalui penelitian, yang menghasilkan DVD dan buku panduan. Dengan gambaran di atas perlu adanya sosialisasi model pembelajaran yang sudah disusun. Metode yang dilakukan yaitu pemberian materi, baik teori maupun praktik. Teori meliputi Pembelajaran Jasmani Adaptif, Anatomi Otak Anak Tunagrahita, dan Terapi Gerak untuk Optimalisasi Otak, diberikan dengan cara ceramah dan diskusi. Praktik model Pembelajaran Jasmani Adaptif untuk optimalisasi otak anak tunagrahita, yang terdiri atas senam untuk optimalisasi otak dan aktivitas circuit dilakukan dengan cara demonstrasi, kemudian dipandu dalam kelompok yang lebih kecil, peer teaching, dan selanjutnya diaplikasikan di sekolah masing-masing. Dalam pelaksanaan kegiatan PPM, hadir 42 guru SLB dengan jumlah total sebanyak 30 jam kegiatan. Jumlah peserta dan jumlah jam kegiatan telah melebihi persyaratan minimal. Dalam proses terlihat bahwa antusiasme dan keseriusan peserta cukup tinggi. Dari hasil tes terlihat nilai pretes rata-rata sebesar 66,79 dan post-test sebesar 91,85. Setelah dilakukan uji statistik, didapatkan peningkatan yang signifikan (p<0,05). Hasil evaluasi program setelah diterapkan selama 2 bulan menunjukkan bahwa secara umum model tersebut bisa diterapkan di sekolah-sekolah, dengan beberapa kendala yang dirasakan oleh guru adalah bervariasinya tingkat ketunaan siswa dan perangkat pembelajaran yang kurang memadai. Tahap sosialisasi model pembelajaran jasmani adaptif untuk optimalisasi otak anak tunagrahita yang dirasa paling sulit adalah tahap penugasan individu guru untuk menerapkannya di sekolah masing-masing.

Item Type: Article
Additional Information: Laporan Akhir PPM Unggulan 2011
Uncontrolled Keywords: Pelatihan, model pembelajaran jasmani adaptif
Subjects: LPPM
Divisions: LPPM - Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Depositing User: LPPM UNY
Date Deposited: 21 Oct 2016 04:19
Last Modified: 21 Oct 2016 04:19
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/42603

Actions (login required)

View Item View Item