SLAMET, TRI WIBOWO (2013) PENGEMBANGAN DAN IMPLEMENTASI MULTIMEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS WEB PADA MATA PELAJARAN PNEUMATIK KELAS XI SMK N 3 YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Teknik.
|
Text
TRI WIBOWO 07518244006.PDF Download (11MB) | Preview |
Abstract
Latar belakang permasalahan penelitian ini adalah hasil belajar siswa yang kurang dari KKM dan pemanfaatan TIK yang belum optimal di SMK N 3 Yogyakarta. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengembangkan multimedia pembelajaran berbasis web pada mata pelajaran Pneumatik SMK N 3 Yogyakarta. (2) Mengetahui tingkat kelayakan multimedia pembelajaran berbasis web pada mata pelajaran Pneumatik kelas XI SMK N 3 Yogyakarta ditinjau dari ahli materi, ahli media dan siswa. (3) Mengetahui efektivitas multimedia pembelajaran berbasis web mata pelajaran Pneumatik dalam peningkatan hasil belajar siswa kelas XI SMK N 3 Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development) yang menggunakan model pengembangan Borg dan Gall. Tahap pengujian yang dilakukan terhadap produk sebagai multimedia pembelajaran meliputi uji kelayakan dan uji efektivitas. Uji kelayakan dilakukan oleh ahli materi, ahli media dan siswa, uji efektivitas dilakukan oleh 25 siswa SMK N 3 Yogyakarta. Teknik pengumpulan data dalam peneltian ini menggunakan wawancara, kuesioner, lembar observasi dan pretest-posttest. Metode yang digunakan untuk menganalisis data adalah dengan teknik analisis deskriptif kuantitatif yang diungkapkan dalam distribusi skor skala lima (skala likert). Produk akhir dari pengembangan media pembelajaran ini dilanjutkan dengan uji efektivitas produk. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pre-eksperimental design yaitu One-Group Pretest – Posttest Design. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pengembangan multimedia pembelajaran pada mata pelajaran Pneumatik ini dilakukan melalui lima tahap yaitu tahap studi pendahuluan, perencanaan, pengembangan, validasi dan uji coba. (2) Tingkat kelayakan multimedia pembelajaran Pneumatik yang diberikan oleh ahli materi dengan maksimal skor 5 mendapatkan skor rata-rata 4,00 dengan kategori ”baik”, hasil penilaian ahli media dengan skor rata-rata 3,73 dengan kategori ”baik” dan hasil penilaian siswa diperoleh skor rata-rata 4,01 dengan kategori ”baik”. (3) Sedangkan dalam pre-test dan post-test dengan nilai rata-rata pre-test 62,64 dan post-test 80,00. Hasil uji-t menyatakan nilai thitung > ttabel (10,035 > 2,064) dan signifikansi (0,000 < 0,05), artinya terdapat perbedaan yang signifikan rata-rata skor nilai prestasi belajar siswa pre-test dengan post-test. Kata Kunci: pengembangan multimedia, pembelajaran berbasis web, pneumatik
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Teknik & Teknologi > Teknik Mekatronika |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Mekatronika |
Depositing User: | Margiyanti |
Date Deposited: | 21 Oct 2016 00:20 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 11:24 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/42576 |
Actions (login required)
View Item |