PERINTISAN USAHA ANEKA MAKANAN RINGAN BERBAHAN DASAR PANGAN LOKAL SEBAGAI BENTUK RECOVERY PASCA ERUPSI MERAPI DI DESA ARGOMULYO

Fitri, Rahmawati and Siti, Hamidah and Kokom Komariah, M.Pd. and Rizqie Auliana, M.Kes. (2011) PERINTISAN USAHA ANEKA MAKANAN RINGAN BERBAHAN DASAR PANGAN LOKAL SEBAGAI BENTUK RECOVERY PASCA ERUPSI MERAPI DI DESA ARGOMULYO. Artikel PPM Unggulan.

[img] Text
Fitri Rahmawati.docx

Download (31kB)

Abstract

Program kegiatan PPM Unggulan tentang Perintisan Usaha Aneka Makanan Ringan Berbahan Dasar Pangan Lokal Sebagai Bentuk Recovery Pasca Erupsi Merapi Di Desa Argomulyo telah disusun berdasarkan survei bahwa di lokasi banyak tersedia ubi jalar. Tujuan pengabdian masyarakat ini adalah: 1) Mengetahui dan mempraktekkan pengembangan produk makanan ringan dari singkong, jagung, kacang, pisang, ubi jalar sehingga dapat diterima oleh masyarakat secara luas. 2) Mengetahui dan mempraktekan penggunaan teknologi mesin peniris minyak dalam meningkatkan kualitas produksi. 3) Mengetahui dan mempraktekan penggunaan kemasan yang cocok digunakan agar lebih menarik konsumen. 4) Mengetahui dan menerapkan cara perhitungan harga jual dan titik impas produksi olahan pangan lokal. 5) Mampu memproduksi dan memasarkan aneka produk makanan ringan berbahan pangan lokal setempat. Pelatihan ketrampilan mengolah pangan lokal ini telah berhasil dilaksanakan dengan baik selama 3 kali tatap muka berupa penyelenggaraan pelatihan secara singkat, yaitu tahap teori, tahap praktek dan tahap evaluasi dan motivasi. Materi teori yang diberikan adalah a) Pengetahuan bahan, b) Pengemasan dan pelabelan, c) Perhitungan harga jual dan BEP, dan d) Cara produksi pangan yang baik. Materi teori diberikan selama 90 menit. Materi praktek yang diberikan yaitu: tepung cassava, tepung pisang, tepung jagung, onde-onde pecah cassava, cheese stick cassava, widaran cassava, ceriping pisang madu, ceriping pisang coklat, kacang disco, kacang atom, peyek kacang, tortila jagung, dan snack ubi jalar. Materi ini diberikan selama 360 menit dengan cara membagi peserta dalam 5 kelompok. Pelatihan ini dikatakan berhasil karena telah sesuai dengan Indikator keberhasilan yang ditetapkan, yaitu pelatihan dinyatakan berhasil apabila 80% peserta mengikuti pelatihan sampai selesai dan dibuktikan dari presensi kehadiran, dan 80% peserta memiliki nilai cukup dalam tes pengetahuan serta ketrampilan sehingga dinyatakan kreatif dan dapat mengolah pangan lokal menjadi aneka produk makanan ringan pada saat display. Hasil penilaian kehadiran menunjukkan hasil 99% peserta datang untuk mengikuti pelatihan sampai selesai. Sedangkan evaluasi praktek (ketrampilan) sudah terlihat lebih dari 70% telah memiliki kemampuan baik dalam persiapan, proses dan penyajian. Sementara dari sikap atau respon terhadap kegiatan pelatihan ini 71% menyatakan sangat bermanfaat dan 29% menyatakan bermanfaat.

Item Type: Article
Additional Information: Laporan Akhir PPM Unggulan 2011
Uncontrolled Keywords: makanan ringan, diversifikasi, pangan local
Subjects: LPPM
Divisions: LPPM - Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Depositing User: LPPM UNY
Date Deposited: 20 Oct 2016 11:04
Last Modified: 20 Oct 2016 11:04
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/42572

Actions (login required)

View Item View Item