PELAKSANAAN PEMBELAJARAN IPS DI SEKOLAH DASAR DI PROPINSI DIY DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN MULTIKULTURAL

Farida, Hanum and Sisca, Rahmadonna and Isniatun, Munawaroh and Yuliani, Yuliani (2011) PELAKSANAAN PEMBELAJARAN IPS DI SEKOLAH DASAR DI PROPINSI DIY DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN MULTIKULTURAL. Artikel PPM Unggulan.

[img] Text
Farida Hanum.docx

Download (15kB)

Abstract

Pelaksanaan pembelajaran ini dimaksudkan untuk meningkatkan apresiasi positif pada diri siswa terhadap perbedaan secara kultur, sebagai landasan meningkatkan kualitas pembelajaran yang memberikan rasa aman, nyaman, dan suasana kondusif bagi siswa selama belajar. Secara khusus, pelatihan ini bertujuan untuk: (1) Peningkatan kemampuan guru SD dalam merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran multikultural; (2) Terimplementasikannya model pembelajaran multikultural secara terpadu dengan mata pelajaran IPS bagi murid-murid SD, sesuai dengan kondisi sekolah; (3) Terimbaskannya model pembelajaran multikultural dan tersosialisasikannya sebagai bahan rekomendasi kebijakan pendidikan bagi Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota. Metode yang digunakan dalam keseluruhan pelaksanaan program pembelajaran ini meliputi: (1) Penjelasan model pembelajaran; (2) Pelaksanaan Pembelajaran; (3) Pembimbingan dan Pengamatan; (4) Evaluasi; (5) Analisis hasil. Subjek sasaran dari pelatihan ini adalah 6 orang guru IPS dan 127 siswa kelas IV dari 3 Sekolah di Propinsi Yogyakarta. Hasil dari pelaksanaan kegiatan pembelajaran multikultural menunjukkan bahwa: (1) pelaksanaan pembelajaran multikultural ini dapat dipahami oleh guru dengan baik; (2) pembelajaran mulltikultural juga dapat dijadikan alternatif pembelajaran dan penanaman pendidikan multikultural yang dapat dilakukan oleh guru dalam proses pembelajaran; (3) Siswa dapat memahami pelaksanaan pembelajaran multikultural yang dilaksanakan dengan menggunakan suplemen pembelajaran multikultural

Item Type: Article
Additional Information: Laporan Akhir PPM Unggulan 2011
Uncontrolled Keywords: pembelajaran multikultural
Subjects: LPPM
Divisions: LPPM - Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Depositing User: LPPM UNY
Date Deposited: 20 Oct 2016 11:02
Last Modified: 20 Oct 2016 11:02
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/42571

Actions (login required)

View Item View Item