Implementasi Program Peningkatan Pengetahuan Kesehatan Reproduksi Remaja Oleh PIKR di Kelurahan Patangpuluhan, Wirobrajan Kota Yogyakarta

Avanda, Kitty (2016) Implementasi Program Peningkatan Pengetahuan Kesehatan Reproduksi Remaja Oleh PIKR di Kelurahan Patangpuluhan, Wirobrajan Kota Yogyakarta. S1 thesis, FIS.

[img] Slideshow (Skripsi Digital)
Skripsi Full kitty avanda 12417144008.swf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi program peningkatan pengetahuan kesehatan reproduksi remaja oleh Pusat Informasi dan Konseling Remaja (PIKR) di Kelurahan Patangpuluhan, Wirobrajan Kota Yogyakarta beserta hambatan yang dihadapi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Dalam menganalisis data menggunakan teori implementasi menurut Van Meter dan Van Horn. Informan dalam penelitian ini adalah Ketua Seksi KB, PLKB Kecamatan Wirobrajan, pengurus PIKR dan Ketua TP PKK Kelurahan Patangpuluhan. Instrumen penelitian ini adalah peneliti sendiri. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model Interaktif dari Miles and Hubberman yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan sedangkan teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksana PIKR memahami ukuran dan standar kebijakan program peningkatan pengetahuan kesehatan reproduksi remaja. Kualitas pendidik sebaya dan konselor sebaya PIKR dalam pemberian informasi serta konseling mendapat pelatihan dari BKKBN D.I. Yogyakarta. Ditemukan 2 sikap Kecenderungan, dimana sikap kecenderungan positif yaitu agen pelaksana PIKR mempunyai rasa peduli dan motivasi yang tinggi terhadap permasalahan remaja, sedangkan kecenderungan negatifnya adalah belum optimalnya manajemen waktu antara jadwal pengurus PIKR di sekolah dengan jadwal kegiatan PIKR. Kondisi setelah adanya PIKR terlihat dari rasa percaya diri remaja dalam bersosialisasi dengan teman sebaya serta kemauan untuk berkonseling dengan konselor PIKR. Hambatan yang ditemukan dalam penelitian ini adalah kurang optimalnya manajemen waktu dari pengurus PIKR Kelurahan Patangpuluhan. Kata Kunci : Implementasi, PIKR, Kesehatan Reproduksi Remaja.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Administrasi Negara
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Administrasi Publik
Depositing User: Admin Administrasi Negara FIS
Date Deposited: 20 Oct 2016 00:16
Last Modified: 30 Jan 2019 11:23
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/42528

Actions (login required)

View Item View Item