Pengaruh Kemampuan Bersosialisasi, Kemandirian Belajar, dan Kemampuan Beradaptasi Terhadap Prestasi Belajar Pada Mata Pelajaran Elektronika Industri Terapan Siswa Kelas XI SMK Negeri 2 Pengasih

Tri, Purwanto (2016) Pengaruh Kemampuan Bersosialisasi, Kemandirian Belajar, dan Kemampuan Beradaptasi Terhadap Prestasi Belajar Pada Mata Pelajaran Elektronika Industri Terapan Siswa Kelas XI SMK Negeri 2 Pengasih. S1 thesis, fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
Tri Purwanto 08518241009.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pengaruh Kemampuan Bersosialisasi, Kemandirian Belajar, dan Kemampuan Beradaptasi Terhadap Prestasi Belajar Pada Mata Pelajaran Elektronika Industri Terapan Siswa Kelas XI SMK Negeri 2 Pengasih Oleh Tri Purwanto NIM. 08518241009 ABSTRAK . Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Kemampuan Bersosialisasi, Kemandirian Belajar, dan Kemampuan Beradaptasi Terhadap Prestasi Belajar Pada Mata Pelajaran Elektronika Industri Terapan Siswa Kelas XI SMK Negeri 2 Pengasih. Penelitian ini merupakan penelitian ex post facto. Penelitian dilakukan di SMK Negeri 2 Pengasih Kulon Progo Yogyakarta. Responden penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI Program Keahlian Teknik Elektronika Industri SMK Negeri 2 Pengasih Tahun Ajaran 2012/2013 yang berjumlah 30 siswa. Pengumpulan data untuk variabel kemampuan bersosialisasi, kemandirian belajar, dan kemampuan beradaptasi menggunakan metode angket sedangkan untuk variabel prestasi belajar dengan metode dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kemampuan bersosialisasi termasuk dalam kategori baik dengan rerata (mean) sebesar 55,70, kemandirian belajar termasuk dalam kategori baik dengan rerata (mean) sebesar 50,13, dan kemampuan beradaptasi termasuk dalam kategori baik dengan rerata (mean) sebesar 49,33; (2) kemampuan bersosialisasi berpengaruh positif terhadap prestasi belajar Elektronika Industri Terapan dengan konstribusi sebesar 26,6%; (3) kemandirian belajar berpengaruh positif terhadap prestasi belajar Elektronika Industri Terapan dengan konstribusi sebesar 6,8%; (4) kemampuan beradaptasi berpengaruh positif terhadap prestasi belajar Elektronika Industri Terapan dengan konstribusi sebesar 15,5%; (5) kemampuan bersosialisasi, kemandirian belajar, dan kemampuan beradaptasi secara bersama-sama berpengaruh positif terhadap prestasi belajar Elektronika Industri Terapan dengan konstribusi keseluruhannya sebesar 27,9%. Kata kunci : bersosialisasi, kemandirian, beradaptasi, prestasi belajar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Mekatronika
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Mekatronika
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 19 Oct 2016 02:04
Last Modified: 30 Jan 2019 11:22
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/42503

Actions (login required)

View Item View Item