PEMBELAJARAN BATIK CIPRAT BAGI SISWA TUNAGRAHITA RINGAN SMALB DI SLB BHAKTI KENCANA KRIKILAN BERBAH SLEMAN

Cahyaningsih, Erlinda Prima Ayu (2016) PEMBELAJARAN BATIK CIPRAT BAGI SISWA TUNAGRAHITA RINGAN SMALB DI SLB BHAKTI KENCANA KRIKILAN BERBAH SLEMAN. S1 thesis, Pendidikan Seni Kerajinan.

[img]
Preview
Text
Skripsi Linda.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pembelajaran batik ciprat bagi siswa tunagrahita ringan SMALB di SLB Bhakti Kencana Krikilan Berbah Sleman dan memahami kesesuaian batik ciprat terhadap karakteristik anak tunagrahita. Penelitian ini dilakukan pada semester gasal tahun ajaran 2015/2016 yang berkaitan dengan beberapa hal sebagai berikut 1) Perencanaan pembelajaran batik ciprat; 2) Pelaksanaan pembelajaran batik ciprat; dan 3) Penilaian hasil belajar. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif menggunakan pendekatan kualitatif. Pengambilan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Objek penelitian merupakan pembelajaran batik ciprat siswa tunagrahita ringan kelas XII. Subjek yang dideskripsikan dalam penelitian ini ialah guru batik dan peserta didik pembelajaran batik ciprat. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan perpanjangan pengamatan dan triangulasi. Teknik analisis data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi Berdasarkan hasil penelitian dapat dideskripsikan sebagai berikut: 1) Perencanaan guru menyesuaikan karakteristik anak tunagrahita menggunakan Paduan Pelaksanaan Kurikulum Pendidikan Khusus SMALB Tunagrahita Ringan. Media pembelajaran menggunakan contoh karya batik ciprat siswa terdahulu. Metode dalam pembelajaran batik ciprat adalah demonstrasi dan pemberian tugas kepada peserta didik. 2) Proses pembelajaran batik ciprat dirasa mudah bagi peserta didik karena batik ciprat tidak melalui proses pemolaan motif batik yang terkadang terhambat karena keterbatasan peserta didik. Motif yang dihasilkan berupa motif abstrak dengan hasil cipratan alami para peserta didik. 3) Penilaian pembelajaran batik ciprat menggunakan alat ukur non tes yang mencakup ranah kognitif, afektif, psikomotorik, dan proses pembuatan karya batik ciprat. Karya batik ciprat tergolong baik karena dinyatakan tuntas dan memenuhi standar KKM yaitu 70.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Seni dan Budaya > Seni Rupa
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Kerajinan
Depositing User: Admin Pendidikan Seni Kerajinan FBS
Date Deposited: 17 Oct 2016 08:22
Last Modified: 30 Jan 2019 11:21
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/42417

Actions (login required)

View Item View Item