Eka, Novita Indra (2014) PELATIHAN MANAJEMEN EVEN FESTIVAL OLAHRAGA ANAK USIA DINI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. [Experiment/Research]
|
Text
Laporan PPM PPKO.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Lingkungan keluarga dan taman bermain merupakan basis terendah yang menjadi ujung tombak penopang piramida keolahragaan Indonesia, baik itu untuk tujuan kesehatan, rekreatif, maupun prestatif. Hal yang ironis, dan banyak disaksikan bahwa pengembangan olahraga pada anak-anak tidak lepas dari wacana kemenangan yang mendominasi ruang olahraga. Pengembangan olahraga di sekolah nampaknya juga bukan merupakan hal yang sederhana. Tidak dapat dihindari bahwa dalam upaya mengembangkan olahraga, faktor sarana dan prasarana senantiasa menjadi persoalan yang dijadikan alasan bagi tidak berjalannya suatu program. Apalagi menengok kondisi sekolah-sekolah saat ini terutama di wilayah perkotaan. Hampir dapat dikatakan mereka tidak memiliki lahan tersisa untuk aktifitas jasmani/ olahraga bagi siswanya. Konsekuensi logis kemudian yang bisa ditebak adalah, sekian banyak potensi anak yang terkait dengan kemampuan olahraga menjadi tidak terasah bahkan terabaikan. Hal ini berimbas pada perkembangan biomotorik anak, dan pengembangan olahraga pada tataran olahraga prestasi. Pengembangan keterampilan psikomotor anak dapat dikembangkan dengan berbagai permainan yang sudah tentu harus disesuaikan dengan karakteristik dan pola gerak anak. Tidak kalah pentingnya adalah bahwa bentuk permainan yang diberikan harus memperhatikan prinsip keamanan dan bersifat menyenangkan. Berdasarkan faktor-faktor tersebut perlu adanya pemahaman dan kreativitas dari guru untuk dapat memberikan simulasi dan bentuk permainan yang baik agar anak didik mau untuk terlibat secara aktif dalam setiap kegiatan aktifitas jasmani. Festival aktivitas jasmani merupakan salah satu alternatif yang bisa dilakukan untuk memberikan motivasi lebih pada anak didik untuk terlibat dalam suatu aktivitas jasmani atau olahraga, selain itu berbagai permainan yang dikemas dalam festival tersebut juga tidak hanya meningkatkan keterampilan gerak dan kapasitas fisik semata, namun juga meningkatkan aspek afektif dan keterampilan sosial anak.
Item Type: | Experiment/Research |
---|---|
Additional Information: | Laporan Akhir PPM Pusat Studi 2014 |
Uncontrolled Keywords: | manajemen even, olahraga, anak usia dini |
Subjects: | LPPM |
Divisions: | LPPM - Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat |
Depositing User: | LPPM UNY |
Date Deposited: | 17 Oct 2016 07:46 |
Last Modified: | 17 Oct 2016 07:46 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/42409 |
Actions (login required)
View Item |