PENDAMPINGAN PEMBELAJARAN KARAKTER KERJA DI SMK

Badraningsih, Lastariwati and Kokom Komariah, M.Pd. and Siti, Hamidah (2014) PENDAMPINGAN PEMBELAJARAN KARAKTER KERJA DI SMK. [Experiment/Research]

[img]
Preview
Text
[ppm pusdi] ARTIKEL PPM.pdf

Download (83kB) | Preview

Abstract

Tujuan kegiatan pengabdian ini adalah: (1) memberi wawasan tentang karakter kerja pada guru-guru SMK bidang produktif. (2) Melatih pembuatan RPP berdasarkan kurikulum 2013 dengan penerapan karakter kerja. (3) Melatih guru-guru SMK bidang produktif untuk cara mengimplementasikan karakter kerja dalam kegiatan pembelajaran. Berdasarkan permasalahan yang telah dirumuskan, maka pemecahan masalahnya dapat ditentukan sebagai berikut: (1) melakukan pendidikan dan latihan untuk memberikan wawasan karakter kerja dalam pembelajaran, sehingga lulusan SMK diharapkan mempunyai karakter kerja yang terukur, misalnya kecepatan, ketepatan, keramahan dan kenyaman dalam bekerja. (2) Workshop atau diklat pembuatan silabi dan RPP dengan integrasi karakter kerja. (3) Melakukan monitoring pelaksanaan pembelajaran yang terintegrasi karakter kerja. Sasaran adalah kelompok guru SMK Bidang Boga di Daerah Istimewa Yogyakarta, sebanyak 31 orang, yang tergabung dalam MGMP guru produktif. Hasil yang diraih dari kegiatan pengabdian pada masyarakat ini adalah: (1) guru SMK mempunyai wawasan karakter kerja karakter kerja yang dibutuhkan siswa SMK. (2) Guru dapat membuat RPP berdasarkan kurikulum 2013 dengan karakter kerja siswa. (3) Guru dapat mengimplementasikan kegiatan pembelajaran berdasarkan kurikulum 2013 dengan muatan karakter kerja .

Item Type: Experiment/Research
Additional Information: Laporan Akhir PPM Pusat Studi 2014
Uncontrolled Keywords: karakter kerja, pembelajaran produktif, SMK Tata Boga
Subjects: LPPM
Divisions: LPPM - Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Depositing User: LPPM UNY
Date Deposited: 17 Oct 2016 06:25
Last Modified: 17 Oct 2016 06:25
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/42401

Actions (login required)

View Item View Item