PEMBINAAN DAN BIMBINGAN TEKNIS BAGI SMK JURUSAN TEKNIK ELEKTRO YANG BERAFILIASI DENGAN PONDOK PESANTREN DI JAWA TENGAH

Soeharto, Soeharto and Zamtinah, M. Pd. and Ima, Ismara and Ahmad, Sujadi (2014) PEMBINAAN DAN BIMBINGAN TEKNIS BAGI SMK JURUSAN TEKNIK ELEKTRO YANG BERAFILIASI DENGAN PONDOK PESANTREN DI JAWA TENGAH. [Experiment/Research]

[img]
Preview
Text
Abstract.pdf

Download (12kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Pembinaan dan Bimbingan Teknis sampul laporan akhir.pdf

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Pembinaan dan Bimbingan Teknis laporan akhir.pdf

Download (573kB) | Preview

Abstract

Tujuan kegiatan PPM ini adalah: (a) Menganalisis faktor penyebab SMK memperoleh peringkat C oleh BAN S/M, (b) Menganalisis kebutuhan pengembangan apa yang diperlukan SMK berakreditasi C agar lebih prospektif dalam menghadapi akreditasi BAN S/M, (c) Menentukan metode yang tepat untuk meningkatkan nilai komponen akreditasi yang skornya masih di bawah syarat minimum, (d) Mengatasi kelemahan-kelemahan SMK Jurusan Teknik Elektro yang Berafiliasi dengan Pondok Pesantren di Jawa Tengah dalam menghadapi proses akreditasi, (e) Memberikan pembinaan terhadap metode pengembangan evaluasi diri bagi SMK Jurusan Teknik Elektro yang Berafiliasi dengan Pondok Pesantren di Jawa Tengah, (f) Membina pemahaman SMK Jurusan Teknik Elektro yang Berafiliasi dengan Pondok Pesantren di Jawa Tengah terhadap mekanisme pelaksanaan akreditasi BAN S/M, (g) Membina pemahaman SMK Jurusan Teknik Elektro yang Berafiliasi dengan Pondok Pesantren di Jawa Tengah terhadap norma, tata krama, dan tata tertib pelaksanaan akreditasi. Metode kegiatan PPM ini adalah kunjungan ke SMK yang menjadi target kegiatan, memberikan materi dalam bentuk workshop sekaligus berdiskusi yang terkait permasalahan dalam akreditasi, kemudian nara sumber memberikan solusi terkait masalah yang dihadapi SMK dalam akreditasi, kemudian bimbingan dalam pengisian instrumen akreditasi. Hasil kegiatan ini para peserta kegiatan PPM (1) mengetahui faktor penyebab SMK memperoleh peringkat C oleh BAN S/M diantaranya adalah standar pendidikan dan tenaga kependidikan, dan standar pengelolaan serta standar penilaian yang masih memiliki skor rendah (kurang dari 70). Oleh sebab itu, komponen inilah yang dititikberatkan pembinaannya agar pada saat dilakukan akreditasi pada periode berikutnya lebih siap dan mendapatkan skor yang lebih baik; (2) Kebutuhan pengembangan yang diperlukan SMK adalah standar pendidikan dan tenaga kependidikan, standar sarana dan prasarana serta standar pengelolaan, serta ketertiban dalam membuat dan menyimpan dokumen pendukung; (3) Diperoleh pemahaman yang sejalan antara pengasuh pondok pesantren selaku pemilik pondok dan Kepala SMK selaku pelaksana kegiatan untuk mengatasi kelemahan SMK yang berafiliasi dengan Pondok Pesantren di Jawa Tengah dalam menghadapi proses akreditasi; (4) Diperoleh pemahaman metode pengembangan evaluasi diri (5) Meningkatnya pemahaman mekanisme pelaksanaan akreditasi BAN S/M; (6) Pengelola sekolah mendapatkan kejelasan penilaian terhadap hasil akreditasi yang pernah diperoleh dari nara sumber.

Item Type: Experiment/Research
Additional Information: LAPORAN PPM PROGRAM PENGEMBANGAN WILAYAH 2014
Subjects: LPPM
Divisions: LPPM - Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Depositing User: LPPM UNY
Date Deposited: 17 Oct 2016 04:06
Last Modified: 17 Oct 2016 04:06
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/42393

Actions (login required)

View Item View Item