EFEKTIVITAS KOMPETENSI PERAKITAN SISTEM PLC DENGAN MEDIA SIMULATOR PENEKUK KAWAT DAN METODE PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION DI SMKN 2 DEPOK, SLEMAN

Tohar, Syaiful Huda (2016) EFEKTIVITAS KOMPETENSI PERAKITAN SISTEM PLC DENGAN MEDIA SIMULATOR PENEKUK KAWAT DAN METODE PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION DI SMKN 2 DEPOK, SLEMAN. S1 thesis, fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
Tohar Syaifur Huda - 09518241012.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

EFEKTIVITAS KOMPETENSI PERAKITAN SISTEM PLC DENGAN MEDIA SIMULATOR PENEKUK KAWAT DAN METODE PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION DI SMKN 2 DEPOK, SLEMAN oleh : ii Tohar Syaiful Huda NIM. 09518241012 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) ada atau tidak ada perbedaan rata-rata Kompetensi siswa antara kelompok siswa yang menggunakan media pembelajaran simulator penekuk kawat dan metode Group Investigation dengan siswa yang menggunakan media serta metode konvensional sebelum pembelajaran. (2) ada atau tidak ada perbedaan rata-rata Kompetensi siswa antara kelompok siswa yang menggunakan media pembelajaran simulator penekuk kawat dan metode Group Investigation dengan siswa yang menggunakan media serta metode konvensional setelah pembelajaran. (3) ada atau tidak ada perbedaan rata-rata Kompetensi siswa antara kelompok siswa yang menggunakan media pembelajaran simulator penekuk kawat dan metode Group Investigation dengan siswa yang menggunakan media serta metode konvensional. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen. Populasi penelitian ini adalah 31 siswa kelas XII Program Keahlian Teknik Otomasi Industri. Jumlah populasi tersebut dibuat dua kelompok sebagai sampel yang terdiri dari 16 orang siswa kelompok eksperimen dan 15 orang siswa kelompok kontrol. Kelompok eksperimen menggunakan media pembelajaran simulator penekuk kawat dan metode Group Investigation, sedangkan kelompok kontrol menggunakan media serta metode konvensional. Teknik pengumpulan data dengan tes dan observasi. Metode analisis data yang digunakan adalah Uji Mann-Whitney. Hasil penelitian diketahui bahwa: (1) Tidak terdapat perbedaan rata-rata Kompetensi siswa antara kelompok siswa yang menggunakan media pembelajaran simulator penekuk kawat dan metode Group Investigation dengan siswa yang menggunakan media serta metode konvensional sebelum pembelajaran, (2) Terdapat perbedaan rata-rata Kompetensi siswa antara kelompok siswa yang menggunakan media pembelajaran simulator penekuk kawat dan metode Group Investigation dengan siswa yang menggunakan media serta metode konvensional setelah pembelajaran dan (3) Terdapat perbedaan rata-rata Kompetensi antara kelompok siswa yang menggunakan media pembelajaran simulator penekuk kawat dan metode Group Investigation dengan siswa yang menggunakan media serta metode konvensional. Berdasarkan ketiga kesimpulan tersebut, diharapkan guru dapat menggunakan media pembelajaran simulator penekuk kawat dan metode Group Investigation dalam proses pembelajaran sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan kompetensi siswa. Kata kunci: kompetensi siswa, simulator penekuk kawat, dan Group Investigation

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Mekatronika
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Mekatronika
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 17 Oct 2016 00:54
Last Modified: 30 Jan 2019 11:20
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/42353

Actions (login required)

View Item View Item