PENGARUH KONSEP DIRI, KECERDASAN EMOSIONAL, DAN PRESTASI BELAJAR KEWIRAUSAHAAN TERHADAP MOTIVASI BERTECHNOPRENEURSHIP SISWA JURUSAN TEKNIK KOMPUTER DAN JARINGAN SMK TAMANSISWA JETIS YOGYAKARTA

Huda, Nur (2016) PENGARUH KONSEP DIRI, KECERDASAN EMOSIONAL, DAN PRESTASI BELAJAR KEWIRAUSAHAAN TERHADAP MOTIVASI BERTECHNOPRENEURSHIP SISWA JURUSAN TEKNIK KOMPUTER DAN JARINGAN SMK TAMANSISWA JETIS YOGYAKARTA. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
NUR HUDA 10518241033.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

PENGARUH KONSEP DIRI, KECERDASAN EMOSIONAL, DAN PRESTASI BELAJAR KEWIRAUSAHAAN TERHADAP MOTIVASI BERTECHNOPRENEURSHIP SISWA JURUSAN TEKNIK KOMPUTER DAN JARINGAN SMK TAMANSISWA JETIS YOGYAKARTA Oleh: Nur Huda NIM 10518241033 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh konsep diri terhadap motivasi bertechnopreneurship siswa TKJ SMK Tamansiswa Jetis. (2) Pengaruh kecerdasan emosional terhadap motivasi bertechnopreneurship siswa TKJ SMK Tamansiswa Jetis. (3) pengaruh prestasi belajar kewirausahaan terhadap motivasi bertechnopreneurship siswa TKJ SMK Tamansiswa Jetis. (4) Pengaruh konsep diri, kecerdasan emosional, dan prestasi belajar terhadap motivasi bertechnopreneurship siswa TKJ SMK Tamansiswa Jetis. Jenis penelitian ini adalah penelitian expost facto. Populasi penelitian seluruh siswa jurusan TKJ SMK Tamansiswa Jetis berjumlah 144 siswa. Pengumpulan data penelitian yang digunakan berupa kuesioner dan dokumenter. Validitas instrumen diuji menggunakan expert judgemen dan uji empiris menggunakan korelasi Product Moment. Reliabilitas instrumen diuji menggunakan rumus Alpha Cronbach. Teknik menguji hipotesis dengan analisis regresi linier sederhana dan berganda. Hasil penelitian menunjukan (1) terdapat pengaruh yang positif konsep diri terhadap motivasi bertechnopreneurship siswa, besarnya pengaruh konsep diri terhadap motivasi bertechnopreneurship sebesar 7%. (2) Terdapat pengaruh yang positif kecerdasan emosional terhadap motivasi bertechnopreneurship siswa, besarnya pengaruh kecerdasan emosional terhadap motivasi bertechnopreneurship sebesar 18,7%.(3) Terdapat pengaruh yang positif prestasi belajar kewirausahaan terhadap motivasi bertechnopreneurship siswa, besarnya pengaruh prestasi belajar kewirausahaan terhadap motivasi bertechnopreneurship sebesar 21%.(4) Terdapat pengaruh konsep diri, kecerdasan emosional, dan prestasi belajar kewirausahaan secara bersama-sama terhadap motivasi bertechnopreneurship siswa. Hasil regresi ganda didapat F hitung 24,141 > F tabel 2,67, besarnya pengaruh konsep diri, kecerdasan emosional, dan prestasi belajar kewirausahaan secara bersama-sama terhadap motivasi bertechnopreneurship sebesar 34,1%. Kata kunci : konsep diri, kecerdasan emosional, prestasi belajar kewirausahaan, dan motivasi bertechnopreneurship.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Mekatronika
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Mekatronika
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 14 Oct 2016 00:28
Last Modified: 30 Jan 2019 11:19
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/42321

Actions (login required)

View Item View Item