PENYUSUNAN SSP (SUBJECT SPECIFIC PEDAGOGY)IPA BERKARAKTER BAGI GURU-GURU IPA SMP/MTs KABUPATEN SLEMAN

Zuhdan Kun Prasetyo, Zuhdan and Muhsinatun Siasah, Masruri (2014) PENYUSUNAN SSP (SUBJECT SPECIFIC PEDAGOGY)IPA BERKARAKTER BAGI GURU-GURU IPA SMP/MTs KABUPATEN SLEMAN. [Experiment/Research]

[img]
Preview
Text
ARTIKEL PPM IbM 2014 Workshop Penyusunan SSP...(1).pdf

Download (152kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAPORAN AKHIR WORKSHOP IbM 2013 2014.pdf

Download (618kB) | Preview

Abstract

Workshop penyusunan subject spesific pedagogy (SSP) berkarakter untuk guru IPA SMP telah dilaksanakan pada tanggal 17, 24, dan 31 Mei 2014. Program tersebut diikuti oleh 31 guru di Kabupaten Sleman. Monitoring dan evaluasi (monev) dari program tersebut dilakukan setelah sebulan setelah workshop. Target dari program tersebut adalah produk hardcopy SSP yang disusun oleh guru IPA dan selanjutnya dievaluasi dengan monev. Metode workshop yang dipakai yaitu ceramah, penugasan, presentasi, dan diskusi. Monev menggunakan beberapa teknik untuk mengumpulkan data kemampuan guru IPA dalam menyusun dan mengimplementasikan di sekolah. Analisis dokumentasi dan observasi saat guru IPA melaksanakan proses pembelajaran di kelas. Hasil dari monev dianalisis dengan skala Likert 5 dengan kategori sangat (5), baik (4), kurang baik (3), tidak baik (2), dan sangat tidak baik (1). Hasilnya menunjukkan kemampuan guru dalam :(1) menyusun renana pelaksanaan pembelajaran (RPP) dengan kategori sangat baik dan baik sebanyak 85,71%, (2) melakukan pembelajaran IPA terpadu dengan kategori sangat baik dan baik sebanyak 78,57%, dan (3) menyusun penilaian dengan kategori sangat baik dan baik sebanyak 71,41%.

Item Type: Experiment/Research
Additional Information: Laporan Akhir PPM IbM 2014
Uncontrolled Keywords: pedagogi, guru IPA, workshop
Subjects: LPPM
Divisions: LPPM - Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Depositing User: LPPM UNY
Date Deposited: 13 Oct 2016 01:21
Last Modified: 13 Oct 2016 01:21
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/42287

Actions (login required)

View Item View Item