PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PERMULAAN MELALUI METODE PEER TUTORIAL (TUTOR SEBAYA) ANAK TUNARUNGU KELAS DASAR II DI SLB WIYATA DHARMA 1 SLEMAN

Trian, Yuni Sarahwati (2016) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PERMULAAN MELALUI METODE PEER TUTORIAL (TUTOR SEBAYA) ANAK TUNARUNGU KELAS DASAR II DI SLB WIYATA DHARMA 1 SLEMAN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
TRIAN YUNI SARAHWATI_12103241001.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis permulaan melalui metode Peer Tutorial pada siswa tunarungu kelas Dasar II di SLB Wiyata Dharma 1 Sleman. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian yaitu dua siswa tunarungu kelas Dasar II di SLB Wiyata Dharma 1 Sleman. penelitian dilakukan dalam dua siklus. Teknik pengambilan data dengan tes, observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yakni deskripsi kualitatif deskriptif dan kuantitatif dengan persentase. Hasil penelitian menunjukan bahwa kemampuan menulis permulaan pada anak tunarungu kelas Dasar II di SLB Wiyata Dharma 1 Sleman dapat meningkat melalui metode Peer Tutorial. Proses peningkatan kemampuan menulis permulaan dilakukan dari melakukan pra tindakan untuk mengetahui kemampuan awal siswa, pra tindakan menunjukan bahwa subyek belum mencapai KKM yakni 65. Hasil pra tindakan GM sebesar 86,67% yang menjadikan GM menjadi tutor dari RA yang memperoleh hasil 53,34%.Langkah-langkah pembelajaran menggunakan metore Peer Tutorial yakni tahap perencanaan, melaksanakan tindakan proses pembelajaran, melaksanakan observasi proses pembelajaran sesuai dengan rencana proses pembelajaran yang telah dibuat peneliti dengan kolaborasi guru kelas dan refleksi untuk menganalisis data yang terkumpul dari hasil observasi dan tes hasil belajar.Kemudian dilaksanakan tindakan siklus 1.Pada siklus 1 terjadi peningkatan pada subyek GM yakni sebesar 90%. Sementara subyek RA masih dibawah kriteria yaitu 65. Berdasarkan hasil refleksi siklus 1, setiap subyek mengalami peningkatan dari hasil pra tindakan dan pasca tindakan 1 yaitu GM sebesar 3,33% dan RA sebesar 5%. Hasil siklus 1 belum memenuhi kriteria keberhasilan. Peningkatan pada siklus 2 yaitu subyek GM sebesar 3.34% dengan skor 93,34% dan RA sebesar 13,33% dengan skor 71,67%. Hasil penelitian siklus 2 menunjukan bahwa hasil masing-masing subyek meningkat dan mencapai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) yang ditentukan sebesar 65 sehingga tindakan dihentikan.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Biasa FIP
Date Deposited: 10 Oct 2016 03:26
Last Modified: 30 Jan 2019 11:16
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/42150

Actions (login required)

View Item View Item