PEMBELAJARAN BINA DIRI MANDI PADA ANAK AUTIS DI SLB AUTISMA DIAN AMANAH YOGYAKARTA

Ummu, Sholihah (2016) PEMBELAJARAN BINA DIRI MANDI PADA ANAK AUTIS DI SLB AUTISMA DIAN AMANAH YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
UMMU SHOLIHAH_11103241074.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan memberikan gambaran secara rinci mengenai pembelajaran bina diri mandi pada anak autis di SLB Autisma Dian Amanah Yogyakarta yang meliputi persiapan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, evaluasi pembelajaran dan faktor penghambat dalam pembelajaran bina diri mandi. Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah anak autis kelas V SDLB di SLB Autisma Dian Amanah dan guru kelas. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik deskriptif kualitatif. Langkah-langkah dalam analisis data melalui 3 tahapan yaitu reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi dengan metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) persiapan pembelajaran bina diri mandi meliputi guru mengasesmen anak, menentukan program dan menyusun RPP. 2) pelaksanaan pembelajaran bina diri mandi melalui 3 tahapan: a) pendahuluan: guru mengkondisikan siswa, memberi apersepsi dan menyampaikan materi dengan singkat, lugas dan jelas. b) kegiatan inti: guru menyampaikan materi mandi, fungsi mandi, peralatan dan tahap-tahapan mandi dengan menggunakan metode ceramah dan metode simulasi. Setelah itu mengajak dan membimbing siswa masuk kamar mandi. Selanjutnya guru menginstruksikan dan membimbing siswa untuk mandi sesuai tahapan-tahapan mandi. Apabila dalam 3 kali instruksi siswa tidak mampu melaksanakan, maka guru memberikan prompt atau bantuan. c) penutup: guru meminta siswa mengembalikan peralatan, menjemur handuk dan membimbing siswa untuk kembali ke kelas, lalu mengevaluasi pembelajaran yang telah dilaksanakan. 3) Evaluasi pembelajaran bina diri mandi pada anak autis meliputi evaluasi tes dan non tes. 4) Faktor penghambat dalam pembelajaran bina diri mandi meliputi faktor internal yaitu anak tergolong autis yang berat, mempunyai kemampuan berbicara dan berkomunikasi belum baik dan faktor eksternal yaitu dukungan keluarga yang kurang karena selalu melayani dan memanjakan anak di rumah.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Biasa FIP
Date Deposited: 10 Oct 2016 02:52
Last Modified: 30 Jan 2019 11:16
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/42142

Actions (login required)

View Item View Item