PENGARUH PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION DENGAN TEKNIK TUTOR SEBAYA TERHADAP KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR KIMIA

Istiqomah, Nining (2016) PENGARUH PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION DENGAN TEKNIK TUTOR SEBAYA TERHADAP KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR KIMIA. S1 thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam UNY.

[img] Text
ARTIKEL TAS_12303241041.docx

Download (697kB)

Abstract

Tujuan penelitian untuk mengetahui perbedaan keaktifan dan prestasi belajar kimia antara siswa yang tidak dan yang mengikuti model pembelajaran kooperatif tipe TAI dengan teknik tutor sebaya apabila pengetahuan awal dikendalikan secara statistik. Penelitian eksperimen ini dilakukan di kelas X SMA XXX Yogyakarta dengan sampel 64 siswa yang diambil secara teknik purposive. Data keaktifan belajar siswa diperoleh melalui teknik angket dan diamati menggunakan lembar observasi, sedangkan data prestasi belajar kimia diperoleh melalui posttest. Teknik analisis keaktifan belajar siswa diperoleh dengan uji-t beda subjek. Analisis data terhadap prestasi belajar menggunakan analisis kovariat satu jalur dengan pengetahuan awal sebagai kovariat. Hasil penelitian menunjukkan tidak ada perbedaan yang signifikan pada keaktifan belajar, namun terdapat perbedaan yang signifikan pada prestasi belajar kimia siswa yang tidak dan yang mengikuti pembelajaran kooperatif tipe TAI dengan teknik tutor sebaya, apabila pengetahuan awal dikendalikan secara statistik.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Jurusan Pendidikan Kimia > Pendidikan Kimia
Depositing User: Admin Kimia FMIPA
Date Deposited: 07 Oct 2016 04:24
Last Modified: 30 Jan 2019 11:15
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/42105

Actions (login required)

View Item View Item