PENINGKATAN KEMAMPUAN PERSEPSI BUNYI MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO KEYBOARD PADA ANAK TUNARUNGU KELAS 1 SEKOLAH DASAR DI SLB NEGERI SRAGEN

Yekti, Widhi Astiti (2016) PENINGKATAN KEMAMPUAN PERSEPSI BUNYI MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO KEYBOARD PADA ANAK TUNARUNGU KELAS 1 SEKOLAH DASAR DI SLB NEGERI SRAGEN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
YEKTI WIDHI ASTITI_12103244040.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan di SLB Negeri Sragenbertujuan untuk mengetahui hasil dan proses peningkatan kemampuan persepsi bunyi menggunaan media audio “keyboard” pada anak tunarungu kelas 1 Sekolah Dasar.Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan secara kolaboratif dan partisipatif. Desain penelitian ini menggunakan model Kemmis dan Taggart dalam 2 siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, dan observasi, serta refleksi. Subjek penelitian meliputi siswatunarungu di SLB Negeri Sragen kelas 1 Sekolah Dasar yang berjumlah 5 anak. Objek penelitian adalah kemampuan persepsi bunyi. Teknik pengumpulan data dilakukan menggunakan observasi, tes, dan wawancara. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwaPeningkatan Kemampuan Persepsi Bunyi Menggunaan Media Audio “Keyboard” Pada Anak Tunarungu Kelas 1 Sekolah Dasar Di SLB Negeri Sragen mengalami peningkatan, yaitu dari hasilpre-test menunjukkan 0% tuntas belajar dari 100% belum tuntas. Pada hasil tessiklus I diperoleh sebanyak 1 siswa(20%) tuntas belajar, dan 4 siswa atau 80% belum tuntas belajar. Kemudian pada hasil tes siklus II menunjukkan 5 siswa (100%) tuntas belajar dan 0 siswa atau 0% belum tuntas belajar. Berdasarkan hasil yang diperoleh tersebut dapat dikatakan terjadi peningkatan 80% pada siklus II dari siklus I.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Biasa FIP
Date Deposited: 07 Oct 2016 02:08
Last Modified: 30 Jan 2019 11:14
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/42055

Actions (login required)

View Item View Item