Susanto, Fibriantoro (2016) EFEKTIVITAS MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA MATA PELAJARAN MIKROKONTROLER KELAS XI SMK NEGERI 1 BLORA. S1 thesis, fakultas Teknik.
|
Text
Susanto Fibriantoro 10518241031.pdf Download (67MB) | Preview |
Abstract
EFEKTIVITAS MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA MATA PELAJARAN MIKROKONTROLER KELAS XI SMK NEGERI 1 BLORA Oleh: Susanto Fibriantoro NIM 10518241031 Tujuan penelitian ini dirancang untuk: (1) mengetahui seberapa besar Efektivitas menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dan model pembelajaran Teacher Centered pada hasil belajar ranah kognitif kompetensi menerapkan prinsip mikrokontroler kelas XI Program keahlian teknik Audio Video SMK Negeri 1 Blora, (2) mengetahui efektivitas penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning dibandingkan dengan model pembelajaran Teacher Centered dalam meningkatkan hasil belajar pada kompetensi menerapkan prinsip mikrokontroler kelas XI SMK Negeri 1 Blora. Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan Quasi-Experiment. Desain penelitian menggunakan nonequivalent control group design. Subyek penelitian adalah siswa kelas XI TAV SMK N 1 Blora sebanyak 70 siswa dengan membagi dua kelompok sebagai kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Pengumpulan data menggunakan instrumen tes dan non tes. Analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif dan parametrik. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) efektivitas menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning pada ranah kognitif mempunyai rerata skor gain sebesar 0,71 termasuk dalam katagori tinggi, sedangkan efektivitas menggunakan model pembelajaran Teacher Centered pada ranah kognitif mempunyai rerata skor gain sebesar 0,48 termasuk dalam katagori sedang. (2) penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning lebih efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa dibandingkan dengan model pembelajaran Teacher Centered. Hal ini terlihat dari perbandingan rerata dan uji t nilai hasil belajar pada 3 ranah. Ditinjau dari rerata diperoleh ranah kognitif 86,77 berbanding 79,81, ranah afektif 82,55 berbanding 74,86, dan ranah psikomotor 80,00 berbanding 73,19. ditinjau dari uji t diperoleh ranah kognitif thitung dengan ttabel sebesar 3,961>2,00, ranah afektif thitung dengan ttabel sebesar 4,234>2,00, dan ranah psikomotorik thitung dengan ttabel sebesar 3,804>2,00. Kata kunci: afektif, kognitif, mikrokontroler , Problem Based Learning, psikomotor.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Teknik & Teknologi > Teknik Mekatronika |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Mekatronika |
Depositing User: | Margiyanti |
Date Deposited: | 05 Oct 2016 00:36 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 11:12 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/41987 |
Actions (login required)
View Item |