Pengembangan Modul Pembelajaran Tematik Integratif Berbasis Sosiokultural untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD pada Subtema Keindahan Alam Negeriku.

'Ainurrohmah, Siti (2016) Pengembangan Modul Pembelajaran Tematik Integratif Berbasis Sosiokultural untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD pada Subtema Keindahan Alam Negeriku. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-siti-ainurrohmah-14712259003.swf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) menghasilkan modul pembelajaran tematik integratif berbasis sosiokultural yang layak, dan (2) mengetahui keefektifan modul tersebut untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (R&D) yang menggunakan model pengembangan dari Borg dan Gall dengan langkah-langkah yang terdiri dari 10 tahapan, yaitu: (1) penelitian pendahuluan dan pengumpulan informasi, (2) perencanaan, (3) pengembangan produk awal, (4) uji coba lapangan awal, (5) revisi hasil uji coba lapangan awal,(6) uji coba lapangan utama, (7) revisi hasil uji coba lapangan utama, (8) uji coba lapangan operasional, (9) penyempurnaan produk akhir, dan (10) diseminasi hasil produk akhir. Subjek uji coba adalah siswa kelas IV SD N 1 Bantul dan SD N Pacar. Subjek uji coba lapangan awal terdiri atas 19 siswa. Subjek uji coba lapangan utama terdiri atas 22 siswa, dan subjek uji lapangan operasional terdiri atas 63 siswa yang terbagi dalam kelas kontrol dan kelas eksperimen. Pengumpulan data menggunakan pedoman wawancara, pedoman observasi pembelajaran, pedoman analisis dokumen, lembar penilaian produk modul pembelajaran, skala motivasi belajar, pedoman observasi sikap, dan tes hasil belajar. Teknik analisis data menggunakan paired sample t-test dan independent sample t-test dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian ini berupa modul pembelajaran tematik integratif berbasis sosiokultural. Modul yang dihasilkan dapat mengembangkan kompetensi siswa dengan cara mengintegrasikan tema pembelajaran dengan kondisi sosiokultural masyarakat di Daerah Istimewa Yogyakarta yang meliputi wujud kebudayaan sebagai sistem ide, sistem aktivitas, serta artefak. Sosiokultur yang terdapat dalam modul pembelajaran mencakup unsur bahasa, sistem pengetahuan, sistem kemasyarakatan atau organisasi sosial, sistem peralatan hidup dan teknologi, sistem mata pencaharian hidup, sistem religi, dan kesenian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul pembelajaran tematik integratif berbasis sosiokultural ini efektif untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Hal ini berdasarkan hasil uji coba lapangan operasional yang memperoleh p<0,05, yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan terhadap motivasi dan hasil belajar siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan modul pembelajaran dan yang tidak menggunakan modul pembelajaran hasil pengembangan.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: modul, tematik integratif, pembelajaran berbasis sosiokultural, motivasi belajar, hasil belajar
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Pasca Sarjana: Pendidikan Dasar
Depositing User: Perpustakaan Program Pascasarjana UNY
Date Deposited: 04 Oct 2016 07:15
Last Modified: 04 Oct 2016 07:15
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/41972

Actions (login required)

View Item View Item