Pengembangan Multimedia Lectora Berbasis Inkuiri dalam Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dan Pemecahan Masalah Siswa Kelas V SD Bantul Timur.

Nurfiyanti, Isna (2016) Pengembangan Multimedia Lectora Berbasis Inkuiri dalam Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dan Pemecahan Masalah Siswa Kelas V SD Bantul Timur. S2 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
tesis-isna-nurfiyanti-14712259014.swf

Download (46MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengembangkan multimedia lectora berbasis inkuiri yang layak dalam peningkatan kemampuan berpikir kritis dan pemecahan masalah siswa, dan (2) mengungkapkan keefektifan multimedia yang dikembangkan tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (R&D). Prosedur pengembangan dalam penelitian ini mengadaptasi prosedur pengembangan yang dikembangkan oleh Borg & Gall dengan langkah-langkah yaitu: (1) penelitian pendahuluan dan pengumpulan informasi, (2) perencanaan, (3)pengembangan desain produk, (4) uji coba lapangan awal, (5) revisi hasil uji coba lapangan awal, (6) uji coba lapangan utama, (7) revisi hasil uji coba lapangan utama, (8) uji coba lapangan operasional, (9) penyempurnaan produk akhir, dan (10) diseminasi dan implementasi. Subjek uji coba adalah siswa kelas V SD Bantul Timur. Subjek uji coba lapangan awal terdiri dari tiga siswa. Subjek uji coba lapangan utama terdiri dari sembilan siswa yang belum terlibat dalam uji coba lapangan awal, dan subjek uji coba lapangan operasional terdiri dari 58 siswa yang terbagi dalam kelas kontrol dan kelas eksperimen. Pengumpulan data menggunakan pedoman wawancara, pedoman observasi, lembar penilaian produk multimedia lectora, skala respon guru, skala respon siswa, soal tes berpikir kritis, dan soal tes pemecahan masalah. Analisis data menggunakan paired sample t-test dan independent sample t-test dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian ini berupa multimedia lectora berbasis inkuiri. Hasil penilaian ahli menunjukkan bahwa multimedia yang dikembangkan tersebut layak; menurut ahli media masuk dalam kategori “baik” dan menurut ahli materi masuk dalam kategori “sangat baik”. Hasil uji coba lapangan operasional menunjukkan p<0,05, yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan berpikir kritis dan pemecahan masalah antara siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan multimedia lectora berbasis inkuiri dan yang tidak menggunakan multimedia lectora hasil pengembangan. Menurut respon guru dan respon siswa terhadap penggunaannya, multimedia yang dikembangkan masuk kategori “sangat baik”. Multimedia yang dikembangkan tersebut efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan pemecahan masalah siswa.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: multimedia lectora, pembelajaran berbasis inkuiri, berpikir kritis, pemecahan masalah
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 05 Oct 2016 04:36
Last Modified: 09 May 2019 07:41
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/41970

Actions (login required)

View Item View Item