Pengaruh Penggunaan Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Pemahaman Konsep dan Kaidah Agama Islam pada Siswa Madrasah Tsanawiyah Kelas VIII

Hakim, Arif Rahman (2011) Pengaruh Penggunaan Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Pemahaman Konsep dan Kaidah Agama Islam pada Siswa Madrasah Tsanawiyah Kelas VIII. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-arif-rahman-hakim-09707251009.swf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning (PBL) terhadap pemahaman konsep dan kaidah agama Islam pada siswa madrasah tsanawiyah. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen quasi, dengan populasi siswa kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Negeri Pacitan dan Madrasah Tsanawiyah Negeri Kebonagung. Sampel penelitian sebanyak 69 siswa, terdiri atas 35 siswa Madrasah Tsanawiyah Negeri Pacitan sebagai kelompok eksperimen dan 34 siswa Madrasah Tsanawiyah Negeri Kebonagung sebagai kelompok kontrol, dipilih dengan teknik sampling sederhana. Kelompok eksperimen diberi perlakuan model pembelajaran PBL dan kelompok kontrol diberi perlakuan model pembelajaran Konvensional. Data penelitian dikumpulkan melalui tes tertulis (pretest dan posttest). Validitas dan reliabilitas instrumen tes dihitung dengan program Iteman. Analisis data menggunakan statistik uji-t untuk mengetahui perbedaan pengaruh dua model pembelajaran (model PBL dan Model Konvensional) terhadap pemahaman konsep dan kaidah agama Islam. Hasil uji-t menunjukkan bahwa perbedaan rata-rata hasil posttest pemahaman konsep kedua kelompok adalah dengan nilai t-test = 3,501, p = 0,001 pada α = 0,05, yang artinya ada pengaruh penggunaan model PBL terhadap pemahaman konsep agama Islam pada siswa MTs, sedangkan perbedaan rata-rata hasil posttest pemahaman kaidah kedua kelompok adalah nilai t-test = 0,120, p = 0,905 pada α = 0,05, yang artinya tidak ada pengaruh n penggunaan model PBL terhadap pemahaman kaidah agama Islam pada siswa MTs.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran, model Problem Based Learning (PBL), konsep agama Islam, kaidah agama Islam
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Menengah
Filsafat. Psikologi. Agama > Studi Islam
Divisions: Program Pascasarjana > Teknologi Pembelajaran
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 04 Oct 2016 02:07
Last Modified: 29 Jan 2019 08:50
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/41954

Actions (login required)

View Item View Item