IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION DENGAN PERMAINAN BENDERA PINTAR UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR DAN PEMAHAMAN KONSEP EKONOMI SISWA KELAS X IPA 3 SMA N 1 JETIS BANTUL TAHUN AJARAN 2015/2016

Haibah, Mumsika (2016) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION DENGAN PERMAINAN BENDERA PINTAR UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR DAN PEMAHAMAN KONSEP EKONOMI SISWA KELAS X IPA 3 SMA N 1 JETIS BANTUL TAHUN AJARAN 2015/2016. S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui implementasi model pembelajaran group investigation dengan permainan bendera pintar untuk meningkatkan minat belajar ekonomi siswa kelas X IPA 3 SMA N 1 Jetis, (2) mengetahui implementasi model pembelajaran group investigation dengan permainan bendera pintar untuk meningkatkan pemahaman konsep ekonomi siswa kelas X IPA 3 SMA N 1 Jetis Jenis Penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Kemmis dan Taggart. Kegiatan penelitian model ini meliputi 4 kegiatan yaitu: penyusunan rencana, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X IPA 3 SMA N 1 Jetis yang terdiri dari 32 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, tes, dan dokumentasi. Angket digunakan untuk mengambil data mengenai minat belajar ekonomi siswa. Tes digunakan untuk mengukur pemahaman konsep ekonomi siswa. Dokumentasi digunakan untuk mengambil data mengenai proses pembelajaran ekonomi. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi model pembelajaran group investigation dengan permainan bendera pintar dapat meningkatkan minat belajar dan pemahaman konsep ekonomi siswa kelas X IPA 3 SMA N 1 Jetis melalui rangkaian perbaikan siklus. Hasil tes pemahaman konsep ekonomi siswa pada siklus I menunjukkan bahwa sejumlah 19 dari 32 siswa atau 59,375% nilainya telah mencapai KKM. Pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 28 dari 32 siswa atau 87,5% nilainya telah mencapai KKM. Siswa yang masuk dalam kategori minat tinggi pada siklus I sejumlah 6 siswa atau 18,75%. Pada siklus II mengalami peningkatan, yakni sejumlah 25 siswa atau 78,125% siswa masuk dalam kategori minat tinggi. Kata Kunci: model pembelajaran group investigation (GI), permainan bendera pintar, minat belajar ekonomi, pemahaman konsep ekonomi.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan
Ilmu Sosial > Ekonomi > Ekonomi
Pendidikan > Media Pendidikan
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Admin Pendidikan Ekonomi FE
Date Deposited: 03 Oct 2016 04:55
Last Modified: 30 Jan 2019 11:11
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/41917

Actions (login required)

View Item View Item