Titriani, Evinta Yogi (2016) PENGARUH KEDISIPLINAN BELAJAR DAN INTERAKSI EDUKATIF TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X SMA N 1 PURBALINGGA. S1 thesis, Fakultas Ekonomi.
|
Text
SKRIPSI.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kedisiplinan belajar dan interaksi edukatif terhadap motivasi belajar dan prestasi belajar ekonomi siswa kelas X SMAN 1 Purbalingga. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah kedisiplinan belajar dan interaksi edukatif. Sedangkan variabel terikat dalam penelitian ini adalah motivasi belajar dan prestasi belajar. Populasi penelitian adalah siswa kelas X. Sampel penelitian berjumlah 192 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi nilai ulangan harian 1 dan angket, analisis data mengunakan metode analisis jalur (path). Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh yang signifikan kedisiplinan belajar terhadap motivasi belajar dengan pengaruh langsung sebesar. 0,193. Pengaruh interaksi edukatif terhadap motivasi dengan pengaruh langsung sebesar 0,152. Pengaruh kedisiplinan belajar terhadap prestasi dengan pengaruh langsung 0,092, pengaruh tidak langsung 0,144, dan total pengaruh 0,236. Pengaruh interaksi edukatif terhadap prestasi belajar dengan pengaruh langsung 0,122, pengaruh tidak langsung 0,113, dan total pengaruh 0,235. Pengaruh motivasi belajar terhadap Prestasi belajar sebesar 0,742. Saran terkait penelitian ini baik untuk lembaga maupun siswa adalah untuk terus meningkatkan kedisiplinan belajar dan interaksi edukatif karena sangat penting untuk meningkatkan motivasi belajar dan prestasi belajar. Kata Kunci: Prestasi, Motivasi, Kedisiplinan, Interaksi Edukatif
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Menengah Pendidikan > Aspek Pendidikan Ilmu Sosial > Ekonomi > Ekonomi |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Admin Pendidikan Ekonomi FE |
Date Deposited: | 03 Oct 2016 04:55 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 11:11 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/41915 |
Actions (login required)
View Item |