EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING UNTUK PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENGUKURAN BESARAN LISTRIK ALTERNATING CURRENT MATA PELAJARAN DASAR-DASAR KELISTRIKAN 2 SISWA KELAS X DI SMK N 2 YOGYAKARTA

Sulistyoningrum, Masitoh (2016) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING UNTUK PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENGUKURAN BESARAN LISTRIK ALTERNATING CURRENT MATA PELAJARAN DASAR-DASAR KELISTRIKAN 2 SISWA KELAS X DI SMK N 2 YOGYAKARTA. S1 thesis, fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
Sulistyoningrum Masitoh 10518244027.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING UNTUK PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENGUKURAN BESARAN LISTRIK ALTERNATING CURRENT MATA PELAJARAN DASAR-DASAR KELISTRIKAN 2 SISWA KELAS X DI SMK N 2 YOGYAKARTA Oleh : Sulistyoningrum Masitoh NIM. 10518244027 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) gambaran peningkatan hasil belajar dengan model pembelajaran inquiry training, (2) perbedaan model pembelajaran inquiry training dibandingkan model pembelajaran ceramah untuk peningkatan hasil belajar ditinjau dari ranah afektif, kognitif, psikomotorik, (3) efektivitas peningkatan hasil belajar dengan model pembelajaran inquiry training. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Experiment. Subjek penelitian ini yaitu siswa SMK N 2 Yogyakarta sejumlah 61 orang dari kelas X TITL 1 dan X TITL 2. Validitas instrument dilakukan dengan uji validitas, dan uji realibilitas. Validitas penelitian dilakukan dengan menggunakan validitas internal dan eksternal. Teknik analisis data yang digunakan adalah anlisis deskriptif dan Uji t. Hasil penelitian diketahui bahwa: (1) hasil belajar pembelajaran Inquiry Training ditinjau dari ranah afektif sebagian kecil siswa (48,39%) termasuk kategori baik dan sebagian kecil siswa lainnya (32,26%) termasuk kategori sangat baik, ditinjau dari ranah kognitif sebagian kecil siswa (29,03%) termasuk kategori baik dan sebagian kecil siswa lainnya (32,26%) termasuk kategori sangat baik, sedangkan ditinjau dari ranah psikomotorik sebagian kecil siswa (32,26%) termasuk kategori baik dan sebagian kecil siswa (29,03%) termasuk kategori sangat baik; (2) terdapat perbedaan hasil belajar model pembelajaran inquiry training dengan model pembelajaran ceramah ditinjau dari ranah afektif, kognitif dan psikomotorik dibuktikan hasil uji t ranah afektif diperoleh nilai thitung sebesar 2,148 dengan signifikansi 0,036, hasil uji t ranah kognitif diperoleh nilai thitung sebesar 2,496 dengan signifikansi 0,015, hasil uji t ranah psikomotorik diperoleh nilai thitung sebesar 2,638 dengan signifikansi 0,011; (3) adanya efektivitas hasil belajar model pembelajaran inquiry training yang ditunjukkan dengan hasil nilai thitung sebesar -21,425 dengan signifikansi 0,000. Kata kunci: pembelajaran inquiry training, hasil belajar, dasar kelistrikan

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Mekatronika
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Mekatronika
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 03 Oct 2016 01:36
Last Modified: 30 Jan 2019 11:10
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/41908

Actions (login required)

View Item View Item