KEEFEKTIFAN PENDEKATAN SAINTIFIK DENGAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINKPAIR SHARE (TPS) DITINJAU DARI KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS PESERTA DIDIK DI MAN YOGYAKARTA 2 KELAS X

Cahyaningtyas, Rizky and Tuharto, Tuharto (2016) KEEFEKTIFAN PENDEKATAN SAINTIFIK DENGAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINKPAIR SHARE (TPS) DITINJAU DARI KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS PESERTA DIDIK DI MAN YOGYAKARTA 2 KELAS X. S1 thesis, Fakultas Matematika dan IPA.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (15MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (7MB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (720kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
Halaman Cover.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10MB)
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keefektifan pendekatan saintifik dengan metode pembelajaran kooperatif tipe think pair share ditinjau dari kemampuan berpikir kreatif matematis. Kemampuan berpikir kreatif matematis diamati dari empat aspek yaitu kemampuan berpikir lancar, berpikir luwes, berpikir orisinil, dan berpikir terperinci. Penelitian ini menggunakan metode quasi experiment dengan desain Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi penelitian mencakup seluruh peserta didik kelas X MAN Yogyakarta 2 tahun ajaran 2015/2016. Sampel terdiri dari 2 kelas, yaitu X MIPA 2 sebagai kelas eksperimen yang mendapatkan pembelajaran menggunakan pendekatan saintifik dengan metode kooperatif tipe think pair sharedan X MIPA 1 sebagai kelas kontrol yang mendapatkan pembelajaran menggunakan pendekatan saintifik dengan metode ekspositori. Instrumen penelitian yang digunakan adalah instrumen tes untuk mengukur kemampuan berpikir kreatif matematis yang terdiri dari soal pretest dan posttest berupa soal uraian dan instrumen non-tes yang berupa lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran. Analisis data yang dilakukan adalah dengan deskripsi data dan uji hipotesis penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Rata-rata posttest kemampuan berpikir kreatif matematis kelas eksperimen mencapai 31,96 yang termasuk dalam kriteria baik dengan nilai signifikansi sebesar 0,000, artinya pendekatan saintifik dengan metode pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) efektif. 2) Rata-rata posttest kemampuan berpikir kreatif matematis kelas kontrol mencapai 28,93 yang termasuk dalam kriteria baik kriteria baik dengan nilai signifikansisebesar 0,000, artinya pendekatan saintifik dengan metode pembelajaran ekspositori efektif 3) Berdasarkan ujihipotesis diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,012, artinya pendekatan saintifik dengan metode kooperatif tipe TPS lebih efektif dibandingkan dengan metode ekspositori.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: pendekatan saintifik, kooperatif, think pair share, ekspositori, berpikir kreatif matematis.
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika
Depositing User: Jurusan Pendidikan Matematika
Date Deposited: 05 Oct 2016 03:50
Last Modified: 30 Jan 2019 11:10
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/41894

Actions (login required)

View Item View Item