PENGELOMPOKAN KABUPATEN/KOTA BERDASARKAN FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEMISKINAN DI JAWA TENGAH MENGGUNAKAN METODE WARD DAN AVERAGE LINKAGE

Puspitasari, Meilia Wulan and Susanti, Mathilda (2016) PENGELOMPOKAN KABUPATEN/KOTA BERDASARKAN FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEMISKINAN DI JAWA TENGAH MENGGUNAKAN METODE WARD DAN AVERAGE LINKAGE. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (245kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (607kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (685kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (210kB)
[img] Text
Cover.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
DAPUS.pdf

Download (231kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (641kB)

Abstract

Analisis cluster merupakan analisis multivariat yang bertujuan mengelompokkan objek-objek pengamatan berdasarkan karakteristik yang dimiliki. Penelitian ini bertujuan untuk mengelompokkan 35 kabupaten/kota di Jawa Tengah yang memiliki kesamaan karakteristik, sehingga pemerintah dapat menjalankan program-program yang sesuai pada tiap cluster. Faktor yang mempengaruhi kemiskinan yaitu Produk Domestik Regional Bruto (PDRB), pengeluaran perkapita, upah minimum, gizi buruk balita, rata-rata lama sekolah, rasio ketergantungan, dan pengangguran tahun 2014. Penelitian ini menggunakan metode Ward dan Average Linkage, serta membandingkan kinerja kedua metode. Metode Ward mengelompokkan objek didasarkan pada kenaikan sum square error (SSE) paling kecil, sedangkan Average Linkage didasarkan pada rata-rata jarak seluruh pasangan objek yang berada dalam satu cluster dengan cluster yang lain. Untuk membandingkan kinerja kedua metode, digunakan nilai simpangan baku dalam cluster ( ) dan antar cluster ( ). Metode yang memiliki rasio paling kecil merupakan metode terbaik. Metode Ward menghasilkan 4 cluster dengan rincian: cluster 1 sebanyak 8 kabupaten dengan variabel yang mempengaruhi yaitu pengangguran, cluster 2 sebanyak 21 kabupaten dengan variabel yang mempengaruhi yaitu rasio ketergantungan, cluster 3 sebanyak 5 kota dengan variabel yang mempengaruhi yaitu rata-rata lama sekolah, dan cluster 4 sebanyak 1 kota dengan variabel yang mempengaruhi yaitu Produk Domestik Regional Bruto (PDRB). Metode Average Linkage menghasilkan 4 cluster dengan rincian: cluster 1 sebanyak 4 kabupaten dengan variabel yang mempengaruhi yaitu pengangguran, cluster 2 sebanyak 25 kabupaten dengan variabel yang mempengaruhi yaitu rasio ketergantungan, cluster 3 sebanyak 5 kota dengan variabel yang mempengaruhi yaitu rata-rata lama sekolah, dan cluster 4 sebanyak 1 kota dengan variabel yang mempengaruhi yaitu Produk Domestik Regional Bruto (PDRB). Rasio simpangan baku dalam cluster ( ) dan antar cluster ( ) metode Ward sebesar 0,203165, sedangkan untuk Average Linkage sebesar 0,218543. Dari hasil tersebut disimpulkan bahwa metode Ward adalah metode terbaik dalam mengelompokkan 35 kabupaten/kota di Jawa Tengah berdasarkan Produk Domestik Regional Bruto (PDRB), pengeluaran perkapita, upah minimum, gizi buruk balita, rata-rata lama sekolah, rasio ketergantungan, dan pengangguran tahun 2014. Kata Kunci: Ward, Average Linkage, simpangan baku dalam dan antar cluster.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Matematika
Depositing User: Jurusan Pendidikan Matematika
Date Deposited: 03 Oct 2016 07:49
Last Modified: 30 Jan 2019 11:09
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/41873

Actions (login required)

View Item View Item