PENGEMBANGAN SSP (SUBJECT SPECIFIC PEDAGOGY) BERBASIS STREAM (SCIENCE, TECHNOLOGY, RELIGION, ENGINEERING, AND MATHEMATICS) PADA MATA PELAJARAN KIMIA DI SMK KELAS X SEMSESTER 2 MATERI POKOK SEL VOLTA

Familiasari, Indah (2016) PENGEMBANGAN SSP (SUBJECT SPECIFIC PEDAGOGY) BERBASIS STREAM (SCIENCE, TECHNOLOGY, RELIGION, ENGINEERING, AND MATHEMATICS) PADA MATA PELAJARAN KIMIA DI SMK KELAS X SEMSESTER 2 MATERI POKOK SEL VOLTA. S1 thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam UNY.

[img] Text
PENGEMBANGAN SSP.docx

Download (11kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan di bidang pendidikan kimia yang bertujuan untuk mengembangkan SSP (Subject Specific Pedagogy) berbasis STREAM (Science, Technology, Religion, Engineering, and Mathematics) pada mata pelajaran kimia di SMK kelas X semester 2 materi pokok sel volta dan untuk menentukan kualitas berdasarkan penilaian lima reviewer. Penelitian ini mengadaptasi model 4 D, yang meliputi tahap Define (pendefinisian), Design (perancangan), Develop (pengembangan), dan Disseminate (penerapan). Produk SSP berbasis STREAM yang dikembangkan terdiri atas 6 komponen, yaitu silabus, RPP, handout, LKPD, media pembelajaran (power point), dan lembar penilaian. Produk awal SSP berbasis STREAM ini ditinjau oleh peer reviewer dan expert judgement. Kualitas SSP berbasis STREAM diperoleh dari penilaian dan peninjauan lebih lanjut olah 5 guru kimia SMK sebagai reviewer Hasil penelitian ini berupa SSP (Subject Specific Pedagogy) berbasis STREAM (Science, Technology, Religion, Engineering, and Mathematics) dengan materi pokok sel volta untuk SMK Bidang Teknologi kelas X semester 2 yang terdiri atas 6 komponen. Kualitas SSP berbasis STREAM yang telah dikembangkan secara keseluruhan adalah sangat baik (SB) dengan persentase keidealan 90,80%.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Jurusan Pendidikan Kimia > Pendidikan Kimia
Depositing User: Admin Kimia FMIPA
Date Deposited: 28 Sep 2016 08:23
Last Modified: 30 Jan 2019 11:09
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/41830

Actions (login required)

View Item View Item