UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR LOMPAT JAUH GAYA GANTUNG MELALUI METODE MENGAJAR BERMAIN PADA SISWA KELAS XI BAHASA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS MUHAMMADIYAH WONOSOBO

Dody Apri Firmansyah (2012) UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR LOMPAT JAUH GAYA GANTUNG MELALUI METODE MENGAJAR BERMAIN PADA SISWA KELAS XI BAHASA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS MUHAMMADIYAH WONOSOBO. S1 thesis, FIK.

[img] Text
ABSTRAK 66.doc

Download (73kB)
Official URL: http://www.pjkr_uny.com

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar lompat jauh gaya gantung melalui metode mengajar bermain pada siswa kelas XI Bahasa di Sekolah Menengah Atas Muhammadiyah Wonososbo. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI Bahasa di Sekolah Menengah Atas Muahammadiyah Wonosobo yang berjumlah 39 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan 3 siklus. Setiap siklus terdiri dari: membuat perencanaan, melakukan tindakan, melakukan pengamatan dan melakukan refleksi. Adapun instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik tes perbuatan dan non tes. Tes perbuatan terdiri dari tes unjuk kerja lompat jauh gaya gantung dan tugas tertulis, sedangkan non tes berupa pengamatan aktivitas peserta didik selama proses pembelajaran oleh observer. Teknik analisis data dengan statistik deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran lompat jauh gaya gantung dengan menggunakan metode mengajar bermain bagi siswa kelas XI Bahasa di Sekolah Menengah Atas Muhammadiyah Wonosobo bisa dikatakan efektif, karena rata-rata prestasi belajar lompat jauh gaya gantung pada siklus I: nilai psikomotor 74, nilai afektif 77,6, dan nilai kognitif 77,7. Pada siklus II: nilai psikomotor 78,5, nilai afektif 81, dan nilai kognitif 80. Pada siklus III: nilai psikomotor 82,5, nilai afektif 81, dan nilai kognitif 83, hal ini menunjukkan peningkatan pada setiap siklusnya. Sedangkan tingkat ketuntasan siswa mencapai 92 % untuk nilai psikomotor, 87 % untuk nilai afektif dan 89 % untuk nilai kognitif dari 39 siswa yang telah memenuhi kriteria ketuntasan minimal. Keterangan: 1. Kata kunci : Presatsi Belajar Lompat Jauh Gaya Gantung, Metode Mengajar Bermain 2. Jumlah Halaman : xiv, 214.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Olahraga
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Admin PKR FIK
Date Deposited: 20 Mar 2015 03:33
Last Modified: 29 Jan 2019 15:52
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/4182

Actions (login required)

View Item View Item