PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN TOPIK POLIMER BERBASIS WEBSITE SEBAGAI SUMBER BELAJAR MANDIRI KIMIA UNTUK SISWA SMA/MA KELAS XII

Putri, Iko Nurliana (2016) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN TOPIK POLIMER BERBASIS WEBSITE SEBAGAI SUMBER BELAJAR MANDIRI KIMIA UNTUK SISWA SMA/MA KELAS XII. S1 thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam UNY.

[img] Text
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN TOPIK POLIMER.docx

Download (10kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran topik polimer berbasis website sebagai sumber belajar mandiri kimia siswa SMA/MA kelas XII dan untuk mengetahui kualitas media pembelajaran tersebut berdasarkan penilaian 5 guru kimia SMA/MA. Prosedur pengembangan media pembelajaran berbasis website diadaptasi dari model pengembangan Borg dan Gall yang meliputi enam tahap, yaitu tahap penelitian dan pengumpulan data, perencanaan, pengembangan draf produk, uji coba lapangan, merevisi hasil uji coba, dan penyempurnaan produk akhir. Kualitas media pembelajaran dinilai oleh 5 guru kimia SMA/MA di kabupaten Kulonprogo. Penilaian dilakukan dengan menggunakan kuesioner yang meliputi 5 aspek dan 18 kriteria. Hasil penilaian ditabulasikan dan dianalisis dengan standar kriteria penilaian ideal untuk menentukan kualitas media pembelajaran. Berdasarkan hasil penilaian oleh 5 guru kimia, media pembelajaran ini memperoleh skor rata-rata 73,40 (66,20 < X ≤ 80,60), sehingga dikategorikan Baik (B). Dengan demikian, media pembelajaran ini dapat digunakan sebagai sumber belajar mandiri untuk siswa SMA/MA kelas XII.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Jurusan Pendidikan Kimia > Pendidikan Kimia
Depositing User: Admin Kimia FMIPA
Date Deposited: 28 Sep 2016 07:30
Last Modified: 30 Jan 2019 11:08
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/41814

Actions (login required)

View Item View Item