PENINGKATAN HASIL BELAJAR DENGAN METODE PROBLEM BASED LEARNING DAN MEDIA PEMBELAJARAN SORTING STATION PADA KELAS XII PROGRAM KEAHLIAN OTOMASI INDUSTRI SMK NEGERI 2 DEPOK

SUJUD SUPRIYANTO, SUPRIYANTO (2016) PENINGKATAN HASIL BELAJAR DENGAN METODE PROBLEM BASED LEARNING DAN MEDIA PEMBELAJARAN SORTING STATION PADA KELAS XII PROGRAM KEAHLIAN OTOMASI INDUSTRI SMK NEGERI 2 DEPOK. S1 thesis, fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
Sujud Supriyanto 09518241028.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

PENINGKATAN HASIL BELAJAR DENGAN METODE PROBLEM BASED LEARNING DAN MEDIA PEMBELAJARAN SORTING STATION PADA KELAS XII PROGRAM KEAHLIAN OTOMASI INDUSTRI SMK NEGERI 2 DEPOK Oleh: SUJUD SUPRIYANTO NIM : 09518241028 ABSTRAK Tujuan penelitian ini dirancang untuk: (1) mengetahui seberapa besar peningkatan hasil belajar siswa yang menggunakan metode Problem Based Learning (PBL) dengan media sorting station dan hasil belajar siswa yang menggunakan metode konvensional. (2) mengetahui perbedaan hasil belajar siswa antara penggunaan metode Problem Based Learning (PBL) dengan media sorting station dan metode konvensional. Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan Quasi- Experiment. Populasi penelitian adalah semua siswa kelas XII Program Keahlian Teknik Otomasi Industri SMK Negeri 2 Depok Sleman sebanyak 31 orang. Desain penelitian menggunakan non-equivalent control group design. Subyek penelitian menggunakan siswa kelas XII TOI dengan membagi dua kelompok sebagai kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Pengumpulan data menggunakan dengan instrument tes. Analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif dan nonparametrik. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) hasil belajar siswa yang mengikuti proses pembelajaran pengoperasian PLC dengan menggunakan Problem Based Learning (PBL) dan media pembelajaran sorting station mengalami kenaikan sebesar 21,35 dari nilai 70,19 menjadi 91,54. (2) hasil belajar siswa pada kelas yang menggunakan metode konvensional dan tanpa media pembelajaran sorting station mengalami kenaikan sebesar 18,04 dari nilai 67,84 menjadi 85,88. (3) terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara siswa yang mengikuti proses pembelajaran pengoperasian PLC menggunakan metode pembelajaran Problem Based Learning dan media pembelajaran sorting station dengan metode konvensional dan tanpa media pembelajaran sorting station. Hal tersebut dapat dilihat dari nilai Exact Sig [2*(1- tailed)]= 0,000 < 0,05 = 5% sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Kata kunci: hasil belajar, metode Problem Based Learning (PBL), sorting station, pengoperasian PLC

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Mekatronika
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Mekatronika
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 27 Sep 2016 01:57
Last Modified: 30 Jan 2019 11:06
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/41712

Actions (login required)

View Item View Item