Hubungan antara Pengetahuan Laboratorium dengan Sikap Peserta Didik Kelas XI dalam Praktikum Kimia di SMA Negeri 1 Pleret Bantul Tahun Ajaran 2015/2016

Savitri, Lailanny Noor (2016) Hubungan antara Pengetahuan Laboratorium dengan Sikap Peserta Didik Kelas XI dalam Praktikum Kimia di SMA Negeri 1 Pleret Bantul Tahun Ajaran 2015/2016. S1 thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam UNY.

[img] Text
Hubungan antara Pengetahuan Laboratorium dengan Sikap Peserta Didik.docx

Download (10kB)

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian survei bertujuan untuk mengetahui: 1) ada tidaknya hubungan yang positif dan signifikan antara pengetahuan laboratorium dengan sikap peserta didik, 2) besarnya sumbangan efektif yang diberikan pengetahuan laboratorium terhadap sikap peserta didik, 3) persentase rata-rata dan kriteria pengetahuan laboratorium peserta didik, 4) Persentase rata-rata dan kriteria sikap peserta didik kelas XI dalam praktikum kimia di SMA Negeri 1 Pleret Bantul. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPA di SMA Negeri 1 Pleret Bantul yang terdiri dari 3 kelas dengan jumlah 86 orang. Sampel penelitian ini adalah peserta didik dari 2 kelas dengan jumlah 56 orang yang diambil dengan teknik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes, pengamatan langsung, dan angket. Metode analisis yang digunakan yaitu uji normalitas, linieritas, regresi satu prediktor serta penentuan persentase dan kriteria pengetahuan laboratorium dan sikap peserta didik. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: 1) tidak ada hubungan positif dan signifikan antara pengetahuan laboratorium dengan sikap peserta didik, 2) sumbangan efektif yang diberikan pengetahuan laboratorium terhadap sikap peserta didik sebesar 1,6%, 3) persentase rata-rata pengetahuan laboratorium sebesar 72,93% (kriteria baik) dan 4) persentase rata-rata sikap peserta didik sebesar 84,61% (kriteria sangat baik).

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Jurusan Pendidikan Kimia > Pendidikan Kimia
Depositing User: Admin Kimia FMIPA
Date Deposited: 23 Sep 2016 06:26
Last Modified: 30 Jan 2019 11:05
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/41655

Actions (login required)

View Item View Item