PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BATIK UNTUK MUATAN LOKAL BATIK SISWA KELAS IV DI SD NEGERI 2 KADIPIRO BANTUL

Purwaningrum, Dhevy Swary (2016) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BATIK UNTUK MUATAN LOKAL BATIK SISWA KELAS IV DI SD NEGERI 2 KADIPIRO BANTUL. S1 thesis, Pendidikan Seni Kerajinan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (17MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul batik pembelajaran muatan lokal batik untuk siswa sekolah dasar kelas IV. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan (research and development). Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan lembar aket, pada penelitian ini menggunakan pemberian skor bernilai 1-5 dengan kriteria sangat baik, baik, cukup, kurang dan sangat kurang. Instrumen yang digunakan berupa lembar pertanyaan dan lembar angket untuk mengukur kelayakan modul oleh (1) ahli materi yang meliputi yaitu aspek isi, aspek penyajian dan aspek bahasa; (2) ahli media yang meliputi yaitu aspek ukuran modul, aspek desain sampul modul, aspek desain isi komponen kegrafisan (3) guru kelas yang meliputi yaitu aspek tampilan, aspek kualitas materi dan aspek manfaat. Modul pembelajaran batik yang terdiri dari unsur-unsur: isi, tampilan dan manfaat yang dirangkum dalam 40 halaman. Penyusunan materi modul pembelajaran batik disesuaikan dengan silabus yang berlaku di Sekolah Dasar Negeri 2 Kadipiro Bantul. Materi disesuaikan dengan standar kompetensi, kompetensi dasar, indikator pembelajaran, tujuan pembelajaran yang terdiri dari Bab I-V meliputi: Bab I materi sejarah batik, asal mula batik dan pengertian batik. Bab II materi tentang motif, unsur-unsur motif dan macam-macam motif. Bab III materi tentang jenis batik dan alat serta bahan untuk batik. Bab IV materi perwarna batik jenis warna batik dan macam - macam perwarna sintetis. Bab VI, materi membatik sederhana. Berdasarkan hasil perhitungan uji validasi modul pembelajaran batik menurut (1) ahli materi dinyatakan layak dengan perolehan skor rata-rata 81%, (2) ahli media memberi kelayakan skor rata-rata 87,6%. Sedangkan kesesuaian dan kelengkapan modul untuk siswa Sekolah Dasar kelas IV memperoleh nilai rata-rata 92%.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Seni dan Budaya > Seni Rupa
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Kerajinan
Depositing User: Admin Pendidikan Seni Kerajinan FBS
Date Deposited: 23 Sep 2016 05:14
Last Modified: 30 Jan 2019 11:05
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/41650

Actions (login required)

View Item View Item