Dila Puspa kencana, Dila Puspa kencana (2014) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 PIYUNGAN. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
Dila Puspa K_Pend. Akuntansi_11403244045.pdf Download (6MB) | Preview |
Abstract
Universitas Negeri Yogyakarta mempunyai tugas dan misi menyiapkan atau menghasilkan tenaga kependidikan yang memiliki sikap, pengetahuan, dan keterampilan sebagai tenaga profesional. Dalam menyiapkan tenaga pendidikan tersebut, UNY memberikan pengetahuan dan keterampilan bagi mahasiswa tentang proses belajar mengajar melalui mata kuliah Pengantar Ilmu Pendidikan, Psikologi Pendidikan, Pengembangan Kurikulum, Metodologi Pembelajaran Akuntansi, Evaluasi Pembelajaran Akuntansi, Pengajaran Mikro, dan PPL. PPL adalah kegiatan yang dilakukan dengan menerjunkan mahasiswa untuk mempraktekkan semua kompetensi dan ilmu yang telah diperoleh selama perkuliahan. Kegiatan PPL diharapkan dapat memberikan pengalaman nyata kepada mahasiswa tentang proses mengajar dan diharapkan agar PPL dapat menjadi bekal bagi mahasiswa untuk mengembangkan diri sebagai tenaga kependidikan yang profesional pada saat memasuki dunia kerja. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) berada di SMA Negeri 1 Piyungan yang beralamat di Karanggayam, Sitimulyo, Piyungan, Bantul, Yogyakarta, berlangsung dari tanggal 2 Juli sampai dengan 17 September 2014. Kegiatan yang dilakukan praktikan adalah mengajar Mata Pelajaran Ekonomi dan Akuntansi kelas X, XI dan XII. Adapun rencangan Kegiatan PPL terdiri dari tahap persiapan PPL, observasi sekolah, kegiatan PPL, kegiatan insidental, menyusun laporan, dan penarikan PPL. Tahap persiapan meliputi pengajaran mikro, pembekalan PPL, observasi pembelajaran di kelas dan kegiatan persiapan mengajar (konsultasi dengan guru pembimbing, penguasaan materi, pengembangan silabus, penyusunan RPP dan alat evaluasi). Kegiatan selanjutnya adalah kegiatan inti dari PPL yaitu pelaksanaan praktik mengajar di kelas, praktik mengajar disesuaikan dengan jadwal mengajar guru pembimbing. Pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan dapat dijadikan proses pembelajaran bagi mahasiswa sebagai calon guru atau pendidik untuk meningkatkan serta mengembangkan diri. Semoga dengan adanya kegiatan PPL ini dapat dijadikan sebagai sarana untuk membentuk guru atau pendidik yang profesional, sesuai dengan bidangnya masing-masing. Untuk itu lapaoran PPL disusun untuk mempertanggungjawabkan seluruh pelaksanaan PPL serta memberikan gambaran bagi pihak LPPMP dalam rangka memperbaiki serta mempertahankan program PPL.
Item Type: | Monograph (Project Report) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Laporan, PPL, SMA N 1 Piyungan |
Subjects: | LPPMP |
Divisions: | LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan |
Depositing User: | LPPMP |
Date Deposited: | 23 Sep 2016 01:23 |
Last Modified: | 01 Oct 2019 11:59 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/41510 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |