LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA DI SMA NEGERI 1 PIYUNGAN

Shaquila Awalia Fajri, Shaquila Awalia Fajri (2014) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA DI SMA NEGERI 1 PIYUNGAN. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
1.COVER.pdf

Download (19kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2.ABSTRAK.pdf

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3.BAB I 2 3.pdf

Download (404kB) | Preview
[img]
Preview
Text
halaman pengesahan.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapngan (PPL) merupakan mata kuliah dengan bobot 3sks serta wajib ditempuh oleh mahasiswa jurusan kependidikan di Universitas Negeri Yogyakarta. Tujuan dari mata kuliah ini adalah melatih mahasiswa dalam rangka menerapkan pengetahuan serta kemampuan yang dimiliki dalam proses belajar mengajar sesuai dengan bidang keahlian masingmasing. Sehingga nantinya mahasiswa menjadi tenaga pendidik yang kompeten dan mampu mengikuti tuntutan jaman. Mata kuliah ini memiliki visi sebagai wahana pembentukan calon guru atau tenaga kependidikan yang profesional. Sedangkan misi dari mata kuliah ini yakni menyiapkan dan menghasilkan calon guru atau tenaga kependidikan yang memiliki nilai, sikap, pengetahuan, dan keterampilan professional; mengintegrasikan dan mengimplementasikan ilmu yang telah dikuasainya ke dalam praktik keguruan dan atau praktik kependidikan, memantapkan kemitraan UNY dan sekolah serta lembaga pendidikan, mengkaji dan mengembangkan praktik keguruan dan praktik kependidikan. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) telah dilaksanakan di SMA Negeri 1 Piyungan dari tanggal 02 Juli 2014 - 17 September 2014. Kegiatan ini memberikan pengalaman bagi mahasiswa dalam hal pembelajaran dan manajerial di sekolah serta memberikan kesempatan untuk mempelajari, mengenal, dan mengamati permasalahan-permasalahan yang ada di sekolah yang berkaitan dengan proses pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan. Kegiatan PPL dimulai sejak tanggal 02 Juli 2014 namun pada praktiknya mahasiswa mulai praktek mengajar pada 19 Juli 2014 - 6 September 2014. Kegiatan utama praktikan adalah mengajar kelas XI yaitu kelas XI MIA 1, XI MIA 2, XI MIA 3, XI IIS 1, dan XI IIS 2. Untuk praktik mengajar sampai tanggal 06 Agustus, dilakukan 6x di kelas XI IIS 2,5x pertemuan di kelas XI MIA 1 dan XI MIA 2, 4x di kelas XI MIA 3 dan XI IIS 1. Serta 1x pertemuan di kelas XII IPA 1, XII IPS 1,XII IPA 2, dan XII IPS 2 karena menggantikan guru pengampu yang sedang berhalangan. Praktik mengajar dilaksanakan sebanyak 15 jam pelajaran dalam satu minggu untuk kelas XI. Materi yang diajarkan meliputi HIV/AIDS, Permainan sepak bola, Permainan Bola basket, Permainan Bola voli, dan Loncat kangkang. Adapun metode yang digunakan adalah ceramah, diskusi kelompok, penugasan, permainan, demonstrasi, dan resiprokal. Dalam pelaksanaan PPL praktikan tidak mengalami hambatan yang signifikan karena masalah-masalah yang dihadapi dapat diselesaikan dengan baik. Manfaat yang dapat diambil dari kegiatan PPL adalah mahasiswa dapat berkesempatan terjun langsung untuk melakukan kegiatan belajar mengajar sehingga pengalaman serta pengetahuan jadi lebih bertambah yang akan berguna dikemudian hari.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, SMA N 1 Piyungan, Laporan Individu
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 21 Sep 2016 00:55
Last Modified: 01 Oct 2019 12:04
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/41507

Actions (login required)

View Item View Item