LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN SMA NEGERI 1 PIYUNGAN

Etika Cahyaningtyas, Etika Cahyaningtyas (2014) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN SMA NEGERI 1 PIYUNGAN. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
BAB I, II, III.pdf

Download (393kB) | Preview
[img]
Preview
Text
JUDUL, PENEGESAHAN, DAFTAR ISI, ABSTRAK.pdf

Download (177kB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu penunjang guna aplikasi mahasiswa dalam menerapkan ilmu yang diperoleh selama dibangku perkuliahan. Selain mahasiswa menerapkan ilmu yang telah dipelajari secara timbal balik mahasiswa juga mencari pengalaman secara konkret ketika mengajar. Kemampuan mengajar akan dapat diperoleh secara benar ketika seorang mahasiswa mendapat pengalaman yang cukup dan sumber belajar langsung dilapangan. Penyelenggaraan program PPL bertujuan untuk memberikan pengalaman belajar yang bagus dan bermutu, memperluas wawasan, melatih dan mengembangkan kompetensi yang diperlukan dalam bidangnya, meningkatkan keterampilan, kemandirian, tanggungjawab dan kemampuan memecahkan masalah. Tujuan lain adalah memberikan gambaran dan pengalaman langsung kepada mahasiswa dalam hal alokasi waktu, perencanaan program, pengelolaan dan pendanaan yang efisien dan efektif. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) dilaksanakan di lokasi SMA Negeri 1 Piyungan yang dilaksanakan mulai tanggal 1 Juli 2014 sampai dengan 17 September 2014. SMA Negeri 1 Piyungan beralamat di dusun Karanggayam, Desa Sitimulyo, Kecamatan Piyungan, Kabupaten Bantul. Sekolah ini memiliki fasilitas yang cukup baik dalam mendukung kegiatan belajar mengajar. Dalam kegiatan PPL, praktikan mengajar beberapa mata pelajaran yang sesuai bidangnya. Kegiatan PPL yang dilakukan meliputi tahap persiapan, praktik mengajar, dan pelaksanaan. Beberapa persiapan PPL yang dilakukan antara lain kegiatan konsultasi dengan guru pembimbing, dosen pembimbing dan observasai kegiatan pembelajaran. Pada tahap praktik mengajar, mahasiswa menyiapkan perangkat pembelajaran antara lain silabus, rencana pelaksanaan pembelajaran, pembuatan media pembelajaran, penugasan dan evaluasi. Praktik mengajar dilaksanakan pada tanggal 8 Agustus sampai 10 September 2014. Pada tahap pelaksanaan, mahasiswa diberi kesempatan mengajar minimal 8 kali dalam praktiknya dengan alokasi waktu 2x45 menit setiap pertemuan. Hasil yang diperoleh dari kegiatan PPL yaitu mahasiswa praktikan mendapatkan pengalaman nyata berkaitan dengan perencanaan, penyusunan perangkat pembelajaran, proses pembelajaran dan pengelolaan kelas. Mahasiswa praktikan telah dapat menerapkan dan mengembangkan ilmu serta ketrampilan yang dimiliki sesuai dengan program studi masing-masing.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 21 Sep 2016 00:42
Last Modified: 01 Oct 2019 12:00
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/41502

Actions (login required)

View Item View Item