PENGGUNAAN AKTIVITAS MELUKIS SEBAGAI POSITIVE REINFORCEMENT UNTUK MENGURANGI PERILAKU INATTENTION PADA ANAK AUTISTIK KELAS II DI SEKOLAH LUAR BIASA MARDI MULYO KRETEK BANTUL

Hanafi, Catur Wulandari (2016) PENGGUNAAN AKTIVITAS MELUKIS SEBAGAI POSITIVE REINFORCEMENT UNTUK MENGURANGI PERILAKU INATTENTION PADA ANAK AUTISTIK KELAS II DI SEKOLAH LUAR BIASA MARDI MULYO KRETEK BANTUL. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
HANAFI CATUR WULANDARI_11103241003.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas penggunaan aktivitas melukis sebagai positive reinforcement efektif untuk mengurangi perilaku inattention pada anak autistik kelas II di Sekolah Luar Biasa Mardi Mulyo Kretek Bantul. Jenis penelitian ini menggunakan Single Subjek Research (SSR) atau penelitian subjek tunggal. Desain yang digunakan adalah A - B – A yaitu baseline-I, intervensi, dan baseline-II. Subjek penelitian adalah anak autistik kelas II SDLB yang mengalami inattention. Pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi, dan wawancara. Analisis data menggunakan analisis dalam kondisi dan analisis antar kondisi. Penyajian hasil penelitian menggunakan grafik dan tabel. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas melukis sebagai positive reinforcement dapat mengurangi perilaku inattention pada anak autistik kelas II di Sekolah Luar Biasa Mardi Mulyo Kretek Bantul. Hal tersebut ditandai dengan semakin sedikitnya frekuensi dan durasi perilaku inattention antara baseline-I dengan baseline-II. Baseline-I levelnya memburuk, intervensi levelnya membaik, dan baseline-II hasilnya membaik. Prosentase overlap antar kondisi baseline-I dan fase intervensi 0%, fase intervensi dengan baseline-II 66,67%, sedangkan fase baseline-I dengan baseline-II 0% artinya semakin sedikit data yang tumpang tindih maka intervensi semakin efektif.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Biasa FIP
Date Deposited: 19 Sep 2016 03:40
Last Modified: 30 Jan 2019 11:00
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/41439

Actions (login required)

View Item View Item