PENINGKATAN KETERAMPILAN MOTORIK HALUS MELALUI KIRIGAMI PADA SISWA CEREBRAL PALSY TIPE SPASTIK DI SLB RELA BHAKTI I GAMPING

Grace, Chintia Novita (2016) PENINGKATAN KETERAMPILAN MOTORIK HALUS MELALUI KIRIGAMI PADA SISWA CEREBRAL PALSY TIPE SPASTIK DI SLB RELA BHAKTI I GAMPING. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
GRACE CHINTIA_12103241070.pdf

Download (18MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan motorik halus siswa cerebral pasly tipe spastik di SLB Rela Bhakti I Gamping melalui kirigami. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan secara kolaboratif. Penelitian dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tiga pertemuan. Subjek penelitian adalah dua siswa cerebral palsy tipe spastik. Desain penelitian yang digunakan yaitu model Kemmis dan Mc Taggart. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan kirigami dapat meningkatkan keterampilan motorik halus pada siswa cerebral palsy tipe spastik di SLB Rela Bhakti I Gamping. Peningkatan tersebut dapat diketahui dari hasil observasi yang telah dilakukan. Subjek DM dari nilai pra tindakan sebesar 36,25% (MB) meningkat menjadi 84,67% (BSB) pada siklus II. Subjek RK dari nilai pra tindakan sebesar 29% (MB) meningkat menjadi 84,41% (BSB) pada siklus II. Perubahan positif yang terjadi yaitu siswa yang sebelumnya kurang aktif menjadi lebih aktif dalam pembelajaran karena siswa diberikan kesempatan secara bebas untuk membuat kirigami, siswa secara mandiri mampu mengenal alat dan bahan kirigami, siswa terlihat lebih semangat dalam mengikuti kegiatan pembelajaran dan siswa mampu membuat kirigami secara mandiri sesuai dengan kemampuan yang dimilikinya. Adanya penerapan tersebut membuat guru melakukan langkah-langkah kirigami secara lebih jelas dengan cara siswa mengikuti instruksi guru saat memberikan contoh membuat kirigami dan guru memahami adanya pemberian reward untuk meningkatkan motivasi dan semangat siswa. Hasil penelitian siklus II menunjukkan bahwa setiap subjek mengalami peningkatan dan mencapai indikator keberhasilan yang ditentukan yaitu ≥76%. Oleh karena itu, penggunaan kirigami dapat meningkatkan keterampilan motorik halus siswa cerebral palsy tipe spastik di SLB Rela Bhakti I Gamping.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Biasa FIP
Date Deposited: 19 Sep 2016 03:38
Last Modified: 30 Jan 2019 11:00
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/41438

Actions (login required)

View Item View Item