Evaluasi Program Pembelajaran pada Mata Pelajaran yang Diujikan dalam Ujian Nasional di SMA Negeri Kabupaten Belitung

Nur'aini, Eka (2011) Evaluasi Program Pembelajaran pada Mata Pelajaran yang Diujikan dalam Ujian Nasional di SMA Negeri Kabupaten Belitung. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-eka-nuraini-09701251019.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian evaluasi ini bertujuan untuk mengetahui informasi mengenai program pembelajaran pada mata pelajaran yang diujikan dalam Ujian Nasional (UN) di semua SMA Negeri Kabupaten Belitung yaitu SMA Negeri 1 Tanjungpandan, SMA Negeri 2 Tanjungpandan, SMA Negeri 1 Membalong, dan SMA Negeri 1 Sijuk. Model evaluasi yang digunakan adalah model evaluasi CIPP dengan gabungan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Subjek penelitian terdiri dari 4 kepala sekolah/wakil kepala sekolah, 4 komite sekolah, 64 guru, 123 siswa kelas XII IPA, dan 171 siswa kelas XII IPS. Data penelitian diperoleh dengan teknik kuesioner, wawancara, observasi, dan analisis dokumen. Data kualitatif dianalisis dengan teknik deskriptif, sedangkan data kuantitatif dianalisis dengan teknik statistik deskriptif. Kriteria penilaian berdasar model distribusi normal. Hasil evaluasi program pembelajaran adalah: (1) konteks yang terdiri dari dukungan program sekolah terhadap program pembelajaran dan relevansi program pembelajaran terhadap UN termasuk kriteria baik, sedangkan dukungan orang tua termasuk kriteria kurang baik; (2) kualitas input yang terdiri dari kelengkapan kurikulum, kemampuan manajemen kepala sekolah, kualifikasi guru, budaya sekolah, dan iklim kelas sudah termasuk kriteria baik, sedangkan kepemimpinan kepala sekolah, kompetensi dan kedisiplinan guru, kualitas tenaga kependidikan, motivasi belajar siswa, kualitas sarana dan prasarana secara keseluruhan termasuk kriteria kurang baik; (3) kualitas proses pembelajaran yang terdiri dari persyaratan proses pembelajaran dan pelaksanaan proses pembelajaran sudah termasuk kriteria baik, namun guru belum menggunakan media dan metode yang bervariasi serta belum memanfaatkan sarana dan prasarana pembelajaran secara optimal, sedangkan pelaksanaan penilaian dan pengawasan secara keseluruhan termasuk kriteria cukup baik; (4) kualitas produk berupa prestasi akademik siswa pada ujian sekolah sudah termasuk kriteria baik, dan pada UN secara keseluruhan termasuk kriteria kurang baik, sedangkan prestasi non akademik siswa termasuk kriteria kurang baik. Kesimpulannya, program pembelajaran dalam hal konteks di semua sekolah Negeri di Kabupaten Belitung termasuk kategori baik, sementara dalam hal input, proses dan produk di sebagian besar sekolah termasuk kriteria kurang baik.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: evaluasi program, pembelajaran, ujian nasional
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Menengah
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 17 Sep 2016 12:09
Last Modified: 03 Aug 2022 03:31
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/41412

Actions (login required)

View Item View Item