Pengembangan Asesmen Kinerja Keterampilan Berpikir Kritis Berbasis STEM pada Mata Pelajaran Fisika SMA

Putri, Fikroturrofiah Suwandi (2016) Pengembangan Asesmen Kinerja Keterampilan Berpikir Kritis Berbasis STEM pada Mata Pelajaran Fisika SMA. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-fikroturofiah-suwandi-putri-14726251033.swf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) menghasilkan asesmen kinerja keterampilan berpikir kritis berbasis STEM pada mata pelajaran fisika SMA yang memenuhi karakteristik kelayakan, dan (2) mengetahui efektivitas asesmen kinerja keterampilan berpikir kritis berbasis STEM pada mata pelajaran fisika SMA. Penelitian pengembangan ini mengacu pada model yang dikembangkan oleh Borg & Gall dan dimodifikasi dengan metode pengembangan instrumen yang dikembangkan oleh Oriondo & Antonio. Langkah yang digunakan meliputi: (1) research information collecting, (2) planning, (3) develop preliminary from product; (4) preliminary field testing; (5) main product revision; (6) main field testing; (7) operational product revision; (8) operational field testing; (9) final product revision; dan (10) dissemination and implementation. Subjek preliminary field testing terdiri dari satu guru fisika, 32 peserta didik kelas X, dan 183 peserta didik kelas XI. Subjek main field testing untuk lembar penilaian sebanyak 97 peserta didik kelas X sedangkan untuk tes keterampilan berpikir kritis terdiri dari 331 peserta didik kelas XI. Subjek operational field testing pada kelompok eksperimen terdiri dari 62 peserta didik dan pada kelompok kontrol terdiri dari 61 peserta didik kelas X. Pengumpulan data menggunakan lembar penilaian diri, rubrik pengamatan, rubrik penskoran LKPD dan laporan, serta tes keterampilan berpikir kritis. Data politomus empat kategori dianalisis mengikuti Partial Credit Model (PCM) dengan bantuan program Quest dan Parscale sedangkan uji hipotesis menggunakan anava mixed design. Hasil penelitian menunjukkan bahwa asesmen kinerja keterampilan berpikir kritis berbasis STEM telah memenuhi validitas isi berdasarkan penilaian 4 ahli dan 3 praktisi. Reliabilitas seluruh rubrik dalam asesmen kinerja termasuk dalam kategori sangat tinggi. Tes keterampilan berpikir kritis yang terdiri dari 72 butir dinyatakan fit dengan PCM dan tingkat kesulitan butir berada pada rentang -0,69 sampai 1,14 yang berarti butir dalam kategori baik. Tes tersebut juga memiliki reliabilitas dengan kategori sangat tinggi dan cocok untuk mengukur peserta didik dengan ability -1,60 sampai dengan 1,70 dalam skala logit. Hasil analisis anava mixed design menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kelompok kontrol dan eksperimen. Selain itu, penerapan asesmen kinerja memberikan pengaruh terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik dengan effect size sebesar 0,982 yang termasuk dalam kategori sangat tinggi.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: asesmen kinerja, keterampilan berpikir kritis, STEM, politomus
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Fisika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 13 Sep 2016 09:57
Last Modified: 09 May 2019 07:39
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/41312

Actions (login required)

View Item View Item