Kesiapan Mahasiswa Pendidikan Matematika Se-Kota Mataram dalam Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) di Sekolah

Aminullah, Aminullah (2016) Kesiapan Mahasiswa Pendidikan Matematika Se-Kota Mataram dalam Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) di Sekolah. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-aminullah-14709251044.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesiapan mahasiswa pendidikan matematika se-kota Mataram dalam PPL di sekolah ditinjau dari : (1) kesiapan kompetensi pedagogi mahasiswa, dan (2) kesiapan kompetensi kepribadian mahasiswa. Penelitian ini merupakan penelitian survei dengan desain statistik deskriptif menggunakan pendekatan concurrent embedded strategy of mixed method. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif sebagai metode utama, dan dilengkapi pendekatan kualitatif sebagai pendukung. Sampel penelitian terdiri dari 104 mahasiswa pendidikan matematika yang melaksanakan praktik pengalaman lapangan (PPL) di sekolah. Mahasiswa berasal dari empat perguruan tinggi di kota Mataram yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Data penelitian dikumpulkan menggunakan instrumen tes, daftar ceklis, lembar observasi, dan angket. Analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif kuantitatif dengan kecenderungan kesiapan dalam lima kategori: sangat siap, siap, cukup, kurang, dan sangat kurang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesiapan mahasiswa pendidikan matematika se-kota Mataram dalam PPL di sekolah diperoleh hasil: (1) kompetensi pedagogi termasuk dalam kategori cukup, (2) wawasan kompetensi pedagogi mahasiswa dalam kategori siap, (3) kemampuan menyusun RPP dalam kategori siap, (4) kemampuan melaksanakan pembelajaran masih kurang, (5) kemampuan menilai hasil belajar siswa dalam kategori cukup, dan (6) kesiapan kompetensi kepribadian mahasiswa termasuk dalam kategori cukup

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: kesiapan mahasiswa, praktik pengalaman lapangan (PPL), kompetensi pedagogi, kompetensi kepribadian
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 13 Sep 2016 02:09
Last Modified: 20 Jun 2022 06:37
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/41291

Actions (login required)

View Item View Item