FUNGSI DAN BENTUK PENYAJIAN MUSIK KRUMPYUNG DI DESA HARGOWILIS KULON PROGO YOGYAKARTA

Prayoga, Darma (2016) FUNGSI DAN BENTUK PENYAJIAN MUSIK KRUMPYUNG DI DESA HARGOWILIS KULON PROGO YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
SKRIPSI Darma Prayoga.pdf
Restricted to Registered users only until 2026.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan fungsi dan bentuk penyajian musik Krumpyung di Desa Hargowilis, Kulon Progo, Yogyakarta. Adapun yang menjadi fokus penelitian ini adalah fungsi dan bentuk penyajian kesenian musik tradisional Krumpyung. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Data dalam penelitian diperoleh dengan cara (1) observasi, (2) wawancara, (3) dokumentasi. Alat bantu yang digunakan berupa pedoman wawancara, pedoman observasi, pedoman dokumentasi, catatan lapangan, dan alat perekam audio dan visual. Analisis data dilakukan dengan beberapa tahap yaitu (1) reduksi data, (2) penyajian data, (3) penyimpulan. Adapun uji keabsahan data menggunakan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kesenian Krumpyung di Desa Hargowilis Kulon Progo adalah (1) sebagai pengungkapan emosional, (2) sebagai sarana hiburan, (3) sebagai sarana komunikasi, (4) sebagai pengiring tari, (5) sebagai norma sosial, (6) sebagai ritual, (7) sebagai pelestarian budaya, (8) sebagai kontribusi integrasi sosial, (9) sebagai sarana pendidikan, dan (10) sebagai sarana ekonomi. Bentuk penyajian musik Krumpyung disajikan dalam bentuk ansambel, pada kesenian musik Krumpyung merupakan ansambel perkusi dengan vokal yang melantunkan lagu-lagu berbahasa Jawa yang bersifat lagu daerah setempat yang bersifat turun-temurun. Instrumen yang digunakan diantaranya adalah krumpyung, saron, demung, bonang, gambang, kempul, gong, dan kendang. Tata cara penyajian musik Krumpyung meliputi bloking pemain dan instrumen, lagu yang dibawakan, persiapan pementasan, kostum pemain, tempat dan waktu pertunjukan. Bloking pertunjukannya terdiri dari dua baris, yaitu pada baris depan terdapat pemain instrumen saron, demung, krumpyung, kendang, dan sinden. Pada baris belakang terdapat pemain instrumen bonang, gambang, kempul, gong. Tempat dan waktu pertunjukan bersifat fleksibel atau dapat dilaksanakan dimanapun dan kapanpun.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Seni dan Budaya > Seni Musik
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Musik
Depositing User: Admin Pendidikan Seni Musik FBS
Date Deposited: 09 Sep 2016 06:25
Last Modified: 30 Jan 2019 10:56
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/41273

Actions (login required)

View Item View Item