UPAYA PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN EKSTRAKURIKULER KARAWITAN MELALUI VARIASI MATERI AJAR DI SMP N 1 SEMIN

Zaelani, Rochmad (2016) UPAYA PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN EKSTRAKURIKULER KARAWITAN MELALUI VARIASI MATERI AJAR DI SMP N 1 SEMIN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
skripsi rohmat.pdf
Restricted to Registered users only until 2026.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan upaya peningkatan prestasi belajar siswa terhadap kegiatan ekstrakurikuler karawitan melalui variasi materi ajar di SMP Negeri 1 Semin. Upaya peningkatan prestasi belajar melalui variasi materi ajar, akan menciptakan suasana baru dalam proses pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus, masing-masing siklus mempunyai tahapan dalam pelaksanaanya yaitu perencanaan (planning), pelaksanaan tindakan (acting), pengamatan (observing) dan refleksi (reflecting). Subyek penelitian ini adalah siswa yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler karawitan yang berjumlah 33 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, catatan lapangan, dokumentasi, angket dan penilaian kemampuan siswa. Instrumen utama dalam penelitian ini berupa tes praktik kemampuan bermain instrumen dan didukung dengan respon belajar siswa melalui angket. Validitas yang digunakan berupa validitas hasil, validitas proses, validitas demokratis, validitas katalistik dan validitas dialogis. Hasil dari penelitian ini diperoleh bahwa terjadi peningkatan prestasi belajar antara sebelum dan sesudah pemberian tindakan. Peningkatan nilai rata-rata sebesar 56,82 (pra siklus) menjadi 70,76 (siklus I) dan meningkat menjadi 76,82 (siklus II). Persentase rata-rata respon siswa dari angket yang telah disebarkan juga mengalami peningkatan, yaitu dari sebesar 79,47% pada pra siklus menjadi 87,35% saat akhir siklus I dan meningkat menjadi 91,52% pada akhir siklus II.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Seni dan Budaya > Seni Musik
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Seni Musik
Depositing User: Admin Pendidikan Seni Musik FBS
Date Deposited: 09 Sep 2016 06:22
Last Modified: 30 Jan 2019 10:56
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/41272

Actions (login required)

View Item View Item