KOMPARASI PENGGUNAAN APLIKASI NUENDO 4 DENGAN ADOBE AUDITION CS 5.5 V4.0 DALAM TEKNIK REKAMAN AUDIO DIGITAL DI CAPO RECORD YOGYAKARTA

Rajawali, Yesaya Abdiel (2016) KOMPARASI PENGGUNAAN APLIKASI NUENDO 4 DENGAN ADOBE AUDITION CS 5.5 V4.0 DALAM TEKNIK REKAMAN AUDIO DIGITAL DI CAPO RECORD YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
SKRIPSI PDF.pdf
Restricted to Registered users only until 2026.

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendiskripsikan aplikasi rekaman yang mampu menghasilkan kualitas audio yang detail, halus, bersih (memperkecil suara noise), dan tebal. Aplikasi Nuendo 4 dan Adobe Audition CS 5.5 version 4.0 memiliki spesifikasi cukup ringan sehingga banyak pengguna aplikasi rekaman menggunakan salah satu atau dua sekaligus aplikasi tersebut walaupun pada kenyataannya terdapat versi yang lebih baru atau lebih canggih. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah operator rekaman, sound engineer dan pengguna jasa rekaman Capo Record Yogyakarta. Data diperoleh dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi, peneliti sebagai instrumen penelitian. Dalam penelitian ini, data dianalisis dengan teknik data reduction, data display dan data verification. Keabsahan data diperoleh melalui triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kedua aplikasi rekaman tersebut dapat menghasilkan kualitas audio yang detail, halus, bersih (memperkecil suara noise) serta tebal, (2) Proses rekaman digital di Capo Record Yogyakarta menunjukkan bahwa aplikasi Nuendo 4 dapat memaksimalkan kualitas hasil audio yang lebih baik dibandingkan dengan aplikasi Adobe Audition CS 5.5 version 4.0, karena aplikasi Nuendo 4 memiliki banyak aplikasi plug in dengan fitur-fitur yang lengkap. Audio yang dihasilkan oleh aplikasi Nuendo 4 lebih menyatu, bersih, tebal dan halus. Pengoperasian aplikasi Nuendo 4 juga lebih sederhana dibandingkan dengan aplikasi Adobe Audition CS 5.5 version 4.0 yang terkesan rumit, (3) aplikasi rekaman hanya sebagai sarana, kualitas audio rekaman yang baik dapat dipengaruhi oleh kemampuan sound engineer atau operator rekam yang berkompeten di bidangnya, perangkat rekam yang memadai, dan aplikasi perekaman audio yang memiliki fitur-fitur lengkap untuk memaksimalkan kualitas hasil audio.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Seni dan Budaya > Seni Musik
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Seni Musik
Depositing User: Admin Pendidikan Seni Musik FBS
Date Deposited: 09 Sep 2016 06:13
Last Modified: 30 Jan 2019 10:56
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/41271

Actions (login required)

View Item View Item