i EFEKTIVITAS PENERAPAN METODE MULTISENSORI TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN TULISAN AWAS PADA ANAK TUNANETRA LOW VISION KELAS I SDLB DI SLB A YAKETUNIS YOGYAKARTA

Elza, Novi Pertiwi (2016) i EFEKTIVITAS PENERAPAN METODE MULTISENSORI TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN TULISAN AWAS PADA ANAK TUNANETRA LOW VISION KELAS I SDLB DI SLB A YAKETUNIS YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
ELZA NOVI PERTIWI_12103241071.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji keefektifan metode multisensori terhadap kemampuan membaca permulaan tulisan awas siswa tunanetra Low Vision kelas I SDLB di SLB A Yaketunis Yogyakarta. Pendekatan penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen dengan pendekatan Single Subject Research (SSR), dengan desain A-B-A. Subjek penelitian ini adalah satu orang siswa tunanetra Low Vision kelas I SDLB di SLB A Yaketunis Yogyakarta. Objek penelitian ini berupa kemampuan membaca permulaan tulisan awas. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis data statistik deskriptif dengan analisis data dalam kondisi dan analisis data anatarkondisi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode multisensori efektif dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan tulisan awas siswa tunanetra Low Vision kelas I SDLB di SLB A Yaketunis Yogyakarta. Hal ini ditunjukkan dengan peningkatan persentase keberhasilan pada setiap fase, yaitu pada baseline-1 dari 65,14% menjadi 70,29%, pada intervensi sesi satu hingga enam dari 78,28% menjadi 93,14%, dan pada fase baseline-2 dari 93,7% menjadi 98,8% serta penurunan durasi waktu yang dialami siswa dalam mengerjakan tes pada tiap fase.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Biasa FIP
Date Deposited: 09 Sep 2016 02:20
Last Modified: 30 Jan 2019 10:56
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/41262

Actions (login required)

View Item View Item